What is
FDB UC

FDB adalah sebuah program studi yang berfokus pada pengetahuan fashion, serta menciptakan pola pikir entrepreneurial yang kreatif dan inovatif yang akan menghasilkan produk dan bisnis berkelas internasional untuk mengangkat budaya Indonesia di ranah global.

Lulusan mampu menjadi venture creator (menciptakan usaha baru) atau value creator (menggunakan pola pikir wirausaha terhadap lingkungan kerja). Program studi ini membekali mahasiswa untuk mempelajari pengetahuan dasar tentang menggambar, teknik menjahit, desain, sejarah, tekstil, tren, CAD, dan aksesori.

Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan bentuk perkuliahan seperti pembelajaran hybrid, pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis pengalaman.

KEUNGGULAN

FASHION DESIGN
AND BUSINESS

Standar Perkuliahan

Total SKS144 SKS
Jenjang PendidikanSarjana (S1)
Lama Kuliah4 Tahun
BahasaBahasa Indonesia
GelarS.Des (Sarjana Desain)

VISI:

Menjadi Program Studi yang mendukung terciptanya Entrepreneur kelas dunia di bidang Desain Produk, yang berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

MISI:

  1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi di bidang desain produk dan entrepreneurship dengan standar kualitas internasional.
  2. Mengelola program studi secara entrepreneurial dengan memegang prinsip tata pamong yang baik.

TUJUAN :

Menjadi Program Studi yang berfokus pada:

  1. Peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, di bidang keilmuan yang terkait desain produk dan entrepreneurship
  2. Peningkatan kualitas pengelolaan Program Studi Desain Produk secara entrepreneurial.
  3. Upaya pencapaian kualitas sesuai dengan standar nasional dan internasional.

SASARAN:

  1. Tercapainya kualitas pendidikan yang unggul dalam keilmuan & entrepreneurship.
  2. Tercapainya kualitas penelitian dan publikasi yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan, institusi dan masyarakat.
  3. Tercapainya kualitas pengabdian masyarakat yang berdampak positif.
  4. Terselenggaranya tata pamong Program Studi yang baik.
  5. Terbentuknya budaya IPE yang dinamis dan terus berkembang.
  6. Terbentuknya sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang mempunyai kompetensi entrepreneurial.
  7. Tercapainya pertumbuhan keuangan yang selalu dapat dipertahankan.
  8. Tercapainya kesadaran akan pentingnya layanan konsumen di seluruh organisasi.
  9. Terjalinnya hubungan yang baik dengan Ciputra Group.
  10. Tercapainya kerjasama dengan pihak eksternal.
  11. Tercapainya kualitas akademik berkelas dunia.
  12. Tercapainya kualitas operasional berkelas dunia.
  13. Tercapainya kualitas infrastruktur berkelas dunia.
  14. Tercapainya organisasi yang mengembangkan pengetahuan entrepreneurship secara terus- menerus.

15. Tercapainya reputasi Program Studi berkelas dunia.

Prospek Lulusan
Fashion DesignerFashion Journalist
Fashion StylistFashion Public Relation
Fashion IllustratorTextile Designer
Fashion Merchandiser

Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.

1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)

Fashion Product Designer
Perancang produk fesyen

Fashion Product Communicator
Ahli komunikasi untuk produk fesyen

Fashion Product Conceptor
Profesional dalam konsep produk fesyen

Fashion Venture Creator
Pelaku usaha dan inisiator di dunia fesyen

2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)

 Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
1Warga Negara
Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya.
2Pembelajar sepanjang hayat (long-life learner)
Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan.
3Nilai-nilai universitas
Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity)
4Berpikir kritis (critical thinking)
Mampu menyusun gagasan/ konsep  secara logis dan analitis berdasarkan prinsip keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan.
5Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation)
Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif, yang bernilai tambah, responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , berdasarkan metode keilmuan /keahlian/entrepreneurship, baik secara mandiri maupun  kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan komunikasi” terkini. 
6Penyelesaian Masalah (problem solving)
Mampu menyusun alternatif solusi melalui ekplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
7Pengambilan Keputusan (decision making)
Mampu mengambil keputusan secara komprehensif  dan bertanggung jawab sesuai bidang keahlian/ keilmuan, etika, dan pengalaman belajarnya. (Decision making)
8Komunikasi untuk mendapatkan penghargaan (communication-recognition)
Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi yang dapat diakses  secara luas,  dan dihargai masyarakat akademik dan atau masyarakat umum. 
9Multidisciplinary
Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif,  untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang desain fashion, entrepreneurship dan bidang lain (multidisciplinary learning strategy)
10Teori
Mampu menguasai konsep teoritis bidang desain  fashion,  kajian obyek visual, faktor manusia, lingkungan, sosial, budaya, dan teknologi bidang fashion desain dalam menghasilkan ide.
11Metode
Mampu menguasai metode penelitian, inovasi, penciptaan karya  dan nilai produk, yang diterapkan dalam proses mencipta dan memproduksi karya fashion untuk  menyelesaikan masalah bidang desain fashion.
12Konsep, Prinsip & Teknik
Mampu menguasai konsep, prinsip,  dan teknik: prinsip desain produk fashion, elemen, karakter material, prinsip dan teknik komunikasi, serta prinsip produksi produk fashion, yang digunakan dalam pemikiran, penciptaan ide, mendesain karya fashion, dan meproduksi karya fashion, serta dalam penyelesaian kasus di bidang desain fashion.
13Pendekatan
Menguasai pendekatan perancangan yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang  fashion dengan seni, budaya, bahan, faktor manusia, isu lingkungan, sosial dan budaya.

Semester 1:

Fashion Textile and Material 1 • Basic Fashion Design 1 • Fashion Production 1

Semester 2:

Art and Culture • Fashion Textile and Material II • Basic Fashion Design II • Fashion and Society

Semester 3:

Fashion Industry Practices • Fashion Textile and Material III • Fashion Product Design 1 • Fashion Production III

Semester 4:

Fashion Trend Analysis • Fashion Product Design II • Fashion Production IV: CAD • Fashion Communication

Semester 5:

Fashion Product Design III • Fashion Production V • Design Appreciation

Semester 6:

Fashion Industry Practices 2 • Fashion Product Design IV • Fashion Production VI

Semester 7:

Research Methodology • Fashion Industry Placement • Fashion Textile & Material IV • Fashion Product Design V

Semester 8:

Portfolio • Final Project

General Education:

Entrepreneurship Essentials Bahasa • Indonesia • Civic • Pancasila • Agama • Ethic

Elektif:

Fashion Accessories • Decorative Techniques for Garment • Eco Printing & Natural Dyeing • Fashion & Sustainability • Digital Fashion Illustration

Fashion Product Design and Business (FDB) mengembangkan banyak kemitraan dengan berbagai institusi, mulai dari institusi akademik, industri hingga asosiasi fashion untuk mendukung proses belajar mengajar.

Institusi Industri

Asosiasi Fashion

Institusi Akademik

Fasilitas FDB

Fasilitas yang tersedia di FDB

  • Student Lounge
  • Textile Lab
  • Singer Lab
  • Sewing Studio
  • Paternmaking Studio
  • Design Studio
  • Computer Lab

Fasilitas FDB

Fasilitas yang tersedia di FDB

  • Student Lounge
  • Textile Lab
  • Singer Lab
  • Sewing Studio
  • Paternmaking Studio
  • Design Studio
  • Computer Lab

TESTIMONI MAHASISWA / ALUMNI FDB UC

Seputar FDB

YUK JOIN BERSAMA

FASHION DESIGN
AND BUSINESS

program studi yang berfokus pada pengetahuan fashion, serta menciptakan pola pikir entrepreneurial yang kreatif dan inovatif yang akan menghasilkan produk dan bisnis berkelas internasional

YUK JOIN BERSAMA

FASHION DESIGN
AND BUSINESS

program studi yang berfokus pada pengetahuan fashion, serta menciptakan pola pikir entrepreneurial yang kreatif dan inovatif yang akan menghasilkan produk dan bisnis berkelas internasional