Opening Ceremony FikomWeek 5.0

Oleh: Gabriel Alexandra Andreina 

 

Senin, 11 Desember 2023 merupakan tahun kelima acara FikomWeek 5.0. FikomWeek adalah sebuah acara perlombaan yang dibuat oleh Student Union Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra Surabaya. Terdapat empat cabang lomba, yaitu PR Campaign, One Page Newspaper, News Casting, dan Radio Announcer. FikomWeek 5.0 kali ini sangat mendukung pengembangan UMKM melalui kemampuan komunikasi dalam wujud media kreatif. 

 

Bentuk dukungan ditunjukkan dengan pemilihan tema besar acara FikomWeek 5.0 yaitu “Empowering Indonesia’s Micro Entreprises”. Cabang-cabang lomba akan menyumbangkan karya sesuai topik-topik yang diambil dari tema besar tersebut. Spesial di FikomWeek 5.0 kali ini, cabang lomba One Page Newspaper menggaet rekan perguruan tinggi internasional. Kolaborasi diadakan bersama Singapore Polytechnic dan Universitas Airlangga. Tiap cabang lomba telah melaksanakan babak penyisihan, sehingga acara opening ceremony adalah acara peresmian sekaligus membuka babak final yang diadakan selama sepekan kedepan. 

 

Opening ceremony berlangsung di Dian Auditorium dari pukul 15.00 hingga selesai. Diikuti oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra angkatan 2021, panitia, rekan dosen, dekan, kaprodi, rektor Universitas Ciputra Surabaya, serta para finalis dari tiap cabang lomba yang ada. Acara dibuka dengan penampilan The Behels, sebuah grup tari modern oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Ciputra angkatan 2022. Dilanjutkan dengan doa dan penyanyian lagu kebangsaan serta hymne UC. Selanjutnya, MC menjelaskan tema, topik, jargon, serta handsign yang akan digunakan sepanjang acara. Dengan aba-aba dari MC, para hadirin yang datang menyerukan jargon FikomWeek 5.0, empowering Indonesia’s micro entrepresises! yang diikuti dengan gerakan dan sorak tepuk tangan. 

 

Kemudian dilanjut dengan rangkaian sambutan oleh ketua pelaksana FikomWeek 5.0, dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis Universitas Ciputra, dan rektor Universitas Ciputra Surabaya. Disambung dengan puncak acara yaitu peresmian FikomWeek 5.0 dengan memotong pita merah. Pemotongan pita ini menjadi simbol bahwa pekan final FikomWeek 5.0 resmi dimulai. Tentu saja tidak hanya satu penampilan yang dipersembahkan, namun dilanjut dengan penampilan dari UKM Resonance yang membawakan tiga lagu. Dengan ini, opening ceremony FikomWeek 5.0 telah mencapai penghujung acara. 

 

Resminya acara ini menjadi awal perjuangan para finalis dalam FikomWeek 5.0. Melalui ajang perlombaan ini, finalis dapat turut serta mengembangkan UMKM, mendapat ilmu baru mengenai dunia media komunikasi dan praktiknya, dan menjadi sebuah pengalaman baru bagi tiap finalis yang mengikuti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed