[Oleh: Lintang Chininta Putrawan, Marisa Rusiana, Valina Sinka, Deo Dorando, Natasha Veronica, Gabriela Laras Dewi Swastika, S.I.Kom., M.A., Monika Teguh, S.Sos., M.Med.Kom., dan Louisa Christine Hartanto, S.I.Kom., M.Si.]

Pertumbuhan jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang semakin signifikan setiap tahunnya membuat para pemilik bisnis mikro ini harus memutar otak untuk tetap bertahan dalam persaingan dagang yang semakin kuat. Dilansir dari laman resmi milik Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, jumlah UMKM yang ada di Jawa Timur pada tahun 2012 saja telah mencapai 6.825.931 unit. Sebagai salah satu usaha mikro diantara jutaan UMKM lain di Jawa Timur, yaitu Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Aneka Rasa asal Plandaan Jombang ingin melakukan ekspansi bisnis dengan menggandeng generasi milenial.

Kunjungan Perwakilan Universitas Ciputra ke Plandaan, Jombang

Hal ini ditanggapi dengan baik oleh Universitas Ciputra melalui mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Angkatan Tahun 2017 untuk melakukan kerjasama dalam membangun merek Segaran, produk keripik berbahan dasar daun-daunan dari KUBE Aneka Rasa. Adanya kerjasama ini memiliki tujuan untuk membuat produk Segaran agar dapat diketahui masyarakat Indonesia, tidak hanya di Jawa Timur. Selain itu, masih banyak yang menganggap bahwa produk buatan UMKM kurang menarik perhatian, melalui kerjasama dengan mahasiswa Universitas Ciputra yang memiliki latar belakang di bidang bisnis diharapkan mampu mendongkrak produk Segaran agar memiliki gengsi di antara merek keripik lainnya

Produk Segaran yang memiliki ragam pilihan mulai dari keripik daun kelor, daun bayam, hingga daun beluntas akan dipasarkan menggunakan nama Segaran Kripss yang diciptakan oleh lima orang mahasiswa Marketing Communication, yaitu Valina Sinka, Lintang Chininta, Marisa Rusiana, Natasha Veronica, dan Deo Dorando. Melalui mata kuliah Strategic Brand Communication, mahasiswa menerapkan ilmu yang diperoleh untuk mengkomunikasikan nilai suatu produk lewat perancangan strategi merek. Mahasiswa akan menuangkan ide dan kreativitas menjadi suatu hal yang dapat bermanfaat bagi produk tersebut.

Proses Brainstorming Pembuatan Logo Produk Segaran

Pengerjaan proyek diawali dengan melakukan brainstorming secara tatap muka untuk menentukan tema yang sesuai dengan produk, tahap pengerjaan dan proses revisi dilakukan dari jarak jauh karena adanya pandemi. Mahasiswa dibimbing langsung oleh dosen Strategic Brand Communication, Imanuel Deny Krisna Aji, S.P., M.I.Kom, untuk  menyusun proyek pembuatan merek Segaran. Perancangan merek Segaran yang telah digarap oleh kelima mahasiswa tersebut meliputi pembuatan logo produk dan bisnis, desain stempel, desain kemasan, hingga pembuatan prototipe guerilla marketing yang rencananya akan dibagikan melalui media sosial Instagram berupa konten games. Seluruh kegiatan pembuatan merek telah disesuaikan dengan kondisi dan anggaran yang dimiliki KUBE Aneka Rasa agar proses realisasi dapat berjalan lancar. Hasil proyek tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada KUBE Aneka Rasa untuk membantu dalam pemasaran dan memberikan citra baru bagi produk Segaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed