Pengalaman Fikomrade Berkompetisi di Happen in Communication Unesa ‘23

Oleh: Gabriel Alexandra Andreina

Universitas Negeri Surabaya tak mau kalah untuk meramaikan dunia perlombaan. Para mahasiswa yang tergabung dalam kepanitiaan mengadakan Happenic (Happen in Communication 2023). Happenic mengusung tema “Konvergensi Pendidikan” yang merupakan salah satu produksi dari kebijakan merdeka belajar. Happenic memiliki tiga cabang lomba, yaitu creative video competition, journalism competition, dan public relation competition. Pekan perlombaan disebut pekan komunikasi yang berlangsung selama tiga minggu di bulan November.

 

Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis Universitas Ciputra Surabaya mengirimkan empat tim untuk mengikuti cabang lomba public relation. Dalam babak penyisihan, tiap tim harus membuat proposal sesuai subtema yaitu “Perkembangan Media Digital sebagai Inovasi Dunia Pendidikan”. Babak penyisihan berlangsung selama satu minggu, terhitung sangat cepat untuk pembuatan sebuah proposal perencanaan PR Campaign. Menurut salah satu peserta, Febiana Lia Chandra, ia mendapat ilmu baru tentang inovasi bagi bidang pendidikan, di mana menciptakan sebuah inovasi merupakan hal yang besar dan tidak mudah untuk dilakukan. Menciptakan inovasi untuk dunia pendidikan dalam tenggat yang singkat tentu menjadi sebuah tantangan bagi para peserta. 

 

Setelah melalui proses penyisihan, keempat tim perwakilan dari Universitas Ciputra Surabaya berhasil lolos ke babak final. Di babak final, tiap tim mempertanggungjawabkan proposal di hadapan dewan juri. Dalam waktu tujuh menit, tiap tim harus mempresentasikan keseluruhan proposal dan disambung dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Ruangan dalam Gedung i6 Srikandi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Unesa terasa menegangkan selama presentasi berlangsung. Meski begitu, tiap tim mampu menampilkan dengan baik proposal yang mereka buat. 

 

Demi menambah ketegangan, pihak panitia tak mau langsung mengumumkan juaranya. Seluruh peserta harus menunggu selama beberapa jam terlebih dahulu. Acara closing dan awarding mengusung tema Happenic x The Masterpiece. Tema acara tersebut berarti bukan hanya peserta yang menunjukkan bakat mereka, tetapi Unesa juga mau menunjukkan masterpiece yang mereka miliki. Rangkaian acara penutupan diisi dengan talkshow mahasiswa, dilanjut dengan berbagai penampilan dari mahasiswa Unesa, dan akhirnya prosesi awarding itu sendiri. Setelah melewati proses yang panjang, dua tim dari Universitas Ciputra Surabaya berhasil meraih juara 1 dan 2. Tim Visionaries dengan anggota Jazzylin Feilicia Tjioe, Jacklyn Wong, dan Arkana Asido menduduki peringkat pertama. Sedangkan tim Dreamix, Gabriel Alexandra Andreina dan Febiana Lia Chandra berhasil meraih posisi kedua.

Semester satu adalah saat di mana para mahasiswa harus beradaptasi. Begitu pula dengan mahasiswa baru Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis, mereka berani mengambil tantangan mengikuti lomba. Tak tanggung-tanggung, dua tim diantaranya mampu meriah juara 1 dan 2. Melalui lomba Happenic, harapannya mahasiswa mendapat banyak pengalaman baru dan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed