[Ditulis oleh Peter Anugrah Putra, FIKOM 2018]

Siapa yang tidak mengenal brand Nike. Semua orang pasti mengenal brand olahraga satu ini, brand yang berlogo menyerupai simbol check ini menjadi salah satu brand yang bernilai di dunia. Produk olahraga yang diproduksi dan dijual oleh Nike, yaitu seperti sepatu olahraga, pakaian atletik, aksesoris, dan berbagai peralatan olahraga. Dalam menjalankan bisnisnya perusahan Nike menggunakan berbagai strategi marketing. Berkat strategi marketing yang tepat perusahaan ini menjadi pemimpin dari produk fesyen olahraga yang sangat terkenal di seluruh dunia. Begini strategi marketing yang digunakan Nike untuk menunjang penjualan produk-produknya:
- Nike membangun emotional branding terhadap konsumennya
Emotional branding dapat langsung kita lihat dalam tagline yang digunakan oleh perusahaan yaitu dengan “just do it”. Membangun dengan emotional branding membuat masyarakat merasakan pengalaman dan keinginan emosional dengan mendalam. Berkat terbangunnya hubungan emosional dengan konsumen dapat memberikan nilai pada brand dalam jangka waktu yang panjang.
- Iklan yang selalu menjadi perbincangan publik
Nike selalu berhasil dalam mebuat iklan yang keren dan menarik setiap orang yang menonton iklannya. Ditambah Nike yang bekerjasama dengan banyak atlet dari berbagai cabang olahraga dalam membuat iklan tersebut membuat iklan semakin menarik untuk ditonton. Salah satu contoh iklan yang sempat viral adalah iklan dari beberapa brand ambassador dari Nike yang berupa animasi saat akan berlangsungnya piala dunia.
- Kerjasama dengan atlet yang bertalenta
Banyak atlet dari berbagai cabang olahraga menjadi seorang brand ambassador untuk menggunakan produk dari Nike. Hal ini sangat efektif dalam segi pemasaran karena performa dari atlet juga dipengaruhi oleh perlengkapan olahraga apa yang digunakan. Namun, Nike sendiri memilih atlet yang bertalenta untuk bekerjasama bukan karena alesan, hal ini dikarenakan setiap atlet yang bertalenta memiliki karakter yang berbeda. Seperti contohnya kerjasama Nike dengan Michael Jordan yang akhirnya memunculkan produk AIR JORDAN yang sangat laku di pasaran.
- Aktif dalam kegiatan sosial
Nike juga peduli dan isu yang berkaitan dengan masyarakat, oleh sebab itu Nike terkenal dengan brand yang peduli mengenai isu sosial. Nike bekerjasama dengan lebih dari 60 organisasi sosial. Bukti bahwa Nike peduli adalah dengan dukungan kepada isu human rights, LGBTQ, feminisme, dan paling baru adalah Black Lives Matter.
Semua strategi yang telah dilakukan oleh Nike sejak awal berdiri sampai sekarang terus berinovasi dan berkembang mengikuti zaman. Salah satu buktinya adalah Nike menerapkan strategi omni-channel, di mana Nike sudah dapat ditemui melalui halaman website resmi, akun sosial media, aplikasi, e-commerce, dan offline store yang ada di berbagai tempat perbelanjaan.