LOCAL FIELD TRIP FIKOMRADE 2023

Oleh: Gabriel Alexandra Andreina

Mahasiswa semester satu dari Fakultas Ilmu Komunikasi dan Media Bisnis Universitas Ciputra Surabaya berkesempatan mengikuti kegiatan Local Field Trip (LFT). Mereka mengunjungi PT Amerta Indah Otsuka di Pasuruan, Jawa Timur pada Selasa, 14 November 2023. Lokasi ini juga bisa disebut Pabrik Kejayan yang memproduksi produk-produk Otsuka, di antaranya Pocari Sweat, Ion Water, Oronamin C, Fibe Mini, dan SOYJOY. Namun untuk Local Field Trip kali ini hanya mengunjungi dua pabrik, yaitu pabrik Pocari Sweat dan pabrik SOYJOY. Pabrik Kejayan sendiri mengusung tema “Open Space and Community Interaction” yang dibuktikan melalui desain pabriknya. 

Peserta Local Field Trip menggunakan bus untuk menuju ke lokasi. Ketika sampai langsung disambut dengan papan besar berlogo “Pocari Sweat” di sebelah kanan atas bangunan pabrik. Setelah turun dari bus, diadakan sesi foto bersama di depan papan logo tersebut. Selanjutnya, seluruh mahasiswa dan dosen yang ikut digiring masuk ke gedung utama Pabrik Kejayan. Di gedung inilah kegiatan awal kunjungan pabrik akan dilakukan. 

Di dalam gedung utama, terdapat Brilliant Hall yang digunakan untuk mendengarkan presentasi dari pihak Otsuka. Sebelum memasuki hall, tiap orang telah diwajibkan untuk membawa satu botol Pocari Sweat kosong. Botol tersebut ternyata akan didaur ulang di depan Brilliant Hall. Botol akan dipisahkan bagian tutup botol, badan, dan label botol. Setelah mendaur ulang botol, baru diizikan masuk ke dalam hall. Pada sesi ini pihak Otsuka menjelaskan profil perusahaan dan produk-produk yang diproduksi di Pabrik Kejayan. 

 

Peserta LFT 2023 di PT Otsuka Indah Amerta Kejayan

 

Saat yang ditunggu pun tiba. Setelah mendengar presentasi, akhirnya mahasiswa dan dosen pendamping memulai tur pabrik. Pabrik pertama yang dikunjungi adalah pabrik Pocari Sweat. Sesuai dengan tema open space, kami dapat melihat proses pembuatan botol kemasan dari biji plastik hingga kemasan siap dikirim. 

 

Setelah puas melihat-lihat pabrik Pocari Sweat, berikutnya berpindah ke pabrik SOYJOY. Sebelum memasuki pabrik, seluruh pengunjung wajib menggunakan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan. Begitu memasuki pabrik, langsung disambut dengan proses pengemasan produk SOYJOY dan proses pembakarannya. Tiap orang juga diberi tester salah satu varian rasa SOYJOY. Bahkan, di dalam pabrik ada pula teater mini yang menayangkan film animasi mengenai kedelai pilihan yang dipakai dalam produk SOYJOY. Sembari menunggu giliran menonton film, beberapa mahasiswa yang mencoba photobooth dan game online yang tersedia di lorong depan teater. 

Tentu saja tiap orang tidak pulang dengan tangan kosong. Pihak Otsuka dengan senang hati memberi goodie bag berisi produk-produk yang diproduksi di Pabrik Kejayan. Setelah penjelasan perusahaan dan tur pabrik, sudah waktunya kembali ke Universitas Ciputra Surabaya. Kembali menggunakan bus, mahasiswa dan dosen pendamping menempuh perjalanan kembali ke Surabaya. 

Melalui Local Field Trip kali ini, harapannya tiap mahasiswa mendapat pengetahuan baru mengenai dunia produksi dan pemasaran produk. Pengetahuan mengenai pemasaran produk dapat diterapkan pada pembelajaran-pembelajaran yang diterima selama kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed