Mau Jadi Penyiar Radio? Yuk Cobain di Fikom Universitas Ciputra Surabaya

Pingin coba rasanya jadi penyiar radio? Kalian harus tahu dulu nih beberapa hal penting seputar penyiar radio. Nah apa sih penyiar radio itu? Penyiar radio adalah orang yang memiliki peran penting dalam keberlangsungan program acara radio. Penyiar radio memiliki peran dan tugas yang hampir sama dengan presenter berita. Namun, seorang penyiar radio harus mampu membangun suasana program dan berkomunikasi dengan pendengar melalui audio saja.

Fasilitas Radio di Fikom Universitas Ciputra Surabaya

 

Jadi, tugas penyiar radio itu apa aja sih? Penyiar radio bertugas untuk memandu program acara radio dari awal hingga akhir. Penyiar radio harus mampu menyiarkan berita, wawancara bersama narasumber, membawakan informasi yang up-to-date, dan tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Karena penyiar radio pasti berhubungan dengan narasumber, penyiar radio harus bisa mengikuti alur pembicaraan narasumber tersebut.

 

Sebelum melakukan siaran, penyiar radio harus melakukan riset tentang konten yang akan dibawakan pada hari itu, menyiapkan playlist music sesuai dengan tema yang dibawakan, dan tidak lupa memperhatikan kode etik penyiaran radio. Tujuan dari adanya persiapan ini adalah agar topik yang dibahas selama siaran dapat menarik perhatian pendengar, informasi yang diberikan akurat dan up-to-date, dan lagu-lagu yang diputar sesuai dengan target audiens dan tema siaran.

Radio Laboratory Fikom Universitas Ciputra Surabaya

Nah, kalian ingin jadi penyiar radio tapi bingung gimana caranya? Tenang, di FIKOM Universitas Ciputra kita bisa loh ngerasain rasanya jadi penyiar radio secara profesional. UC FIKOM Radio telah menyediakan berbagai fasilitas secara lengkap mulai dari mic, audio mixer, komputer, saluran streaming dan masih banyak lagi. Jika kalian bingung cara mengoperasikannya, tenang, kalian akan dibimbing oleh dosen dan laboran mulai dari cara mengoperasikan alat-alat, cara membawakan program acara dengan menarik, hingga materi apa yang cocok untuk dibawakan dalam program. Selain dibimbing, kalian juga akan mendapatkan feedback yang membangun loh. Nah tunggu apa lagi? Bagi kalian yang ingin merasakan rasanya jadi penyiar radio, yuk gabung dengan FIKOM UC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed