Proyek entrepreneurship yang langsung dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pendamping para mentor bisnis yang sesungguhnya dengan menggunakan fasilitas network yang dimiliki oleh program studi HTB

Hotel & Tourism Business merupakan program studi yang mencetak Entrepreneur dan Profesional di bidang Pariwisata dan Perhotelan berkelas dunia yang memiliki Integritas – Profesionalisme – Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberikan kontribusi positif bagi Bangsa Indonesia.
Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar mengenai bisnis pariwisata, bisnis hospitaliti, manajemen resiko dan inovasi di bidang pariwisata dan hospitaliti.
Tidak hanya itu, mahasiswa akan dibekali dengan bentuk perkuliahan seperti student centered learning, problem-based learning¸ project-based learning, competence-based serta experiential-based learning.
Proyek entrepreneurship yang langsung dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pendamping para mentor bisnis yang sesungguhnya dengan menggunakan fasilitas network yang dimiliki oleh program studi HTB
Tenaga pengajar HTB merupakan para pakar di bidang hospitalaiti dan profesional di bidang pariwisata, yang terdiri dari pemilik bisnis hotel & travel agent, pelaku usaha pariwisata, hotel auditor, peneliti dan akademisi di bidang hospitaliti dan pariwisata.
Proses belajar di HTB dilakukan dengan cara inovativ dan kreatif, yaitu melibatkan mahasiswa secara aktif belajar tentang konsep, skills dan pengetahuan hospitaliti dan pariwisata melalui praktek langsung, studi kasus, field trip ke dalam dan luar negeri.
Total SKS | 144 SKS |
Jenjang Pendidikan | Sarjana (S1) |
Lama Kuliah | 4 Tahun |
Bahasa | Bahasa Indonesia |
Gelar | S.Par (Sarjana Pariwisata) |
Mengembangkan kegiatan tridarma di bidang pariwisata khususnya bidang/aspek ekowisata dan pariwisata digital, kulinari dan enterpreneurship, yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK untuk menghasilkan entrepreneur yang mendunia, berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan mampu menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna, bangsa dan kemanusiaan.
Tourism Entrepreneur
Tourism Intrapreneur
Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.
1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)
2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi | |
1 | Warga Negara Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya. |
2 | Pembelajar Sepanjang Hayat (Long-life Learner) Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan. |
3 | Nilai-nilai universitas Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity) |
4 | Berpikir kritis (critical thinking) Mampu menciptakan konsep produk/jasa yang berdasarkan pemikiran logis dan analitis berdasarkan prinsip pariwisata dan ekonomi kreatif untuk pembangunan yang berkelanjutan di industri pariwisata (Hotel & Tourism, Culinary, Eco and Digital Tourism) |
5 | Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation) Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif berdasarkan keilmuan pariwisata dengan metode competence-based learning dan experiential-based learning, melalui penerapan pengetahuan fundamental serta konsentrasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan Komunikasi” terkini. |
6 | Penyelesaian Masalah (problem solving) Mampu menyusun alternatif solusi yang memiliki value proposition dan market acceptance dalam bidang pariwisata, berbasis market research, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. |
7 | Pengambilan Keputusan (decision making) Mampu mengambil keputusan secara efektif dan efisien dalam bidang pariwisata, sesuai etika dan pengalaman belajarnya. |
8 | Komunikasi – penghargaan (Communication-recognition) Mampu menyajikan hasil karyanya secara visual dan verbal dengan konsep Smart Tourism dalam bentuk visual/digital yang dihargai masyarakat akademik dan/atau umum. |
9 | Multidisciplinary Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif, untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan/ keahlian kepariwisataan dan entrepreneurship |
10 | Teori Menguasai konsep teoritis Kepariwisataan, Manajerial, Manajemen Keberlanjutan, Manajemen Global, Manajemen Pengelolaan |
11 | Metode Menguasai metode di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional |
12 | Konsep, Prinsip & Teknik Mampu menguasai konsep, prinsip, dan teknik di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional yang digunakan dalam pemikiran dan penyelesaian kasus di bidang keilmuan/keahlian pariwisata. |
13 | Pendekatan Menguasai pendekatan ekonomi dan sosial budaya yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang keilmuan/keahlian pariwisata dengan bidang pengetahuan /keilmuan entrepreneurship |
Semester 1
Semester 2
Semester 3
Semester 4
Semester 5
Semester 6
Semester 7
Semester 8
Program Studi Pariwisata-Hotel & Tourism Business (HTB) bekerjasama dengan IMI Switzerland. untuk program double degree selama 1 tahun:
Internship: Hilton Al Hamra Beach & Golf Resort, Ras Al Khaimah, United Arab Emirates
Internship St. Regis, Abu Dhabi
International Career Experience: St. Regis, Abu Dhabi
Tujuan dari peraturan seragam HTB hari Senin dan Selasa adalah:
Melatih mahasiswa HTB terbiasa tampil rapi dengan sesuai standar yang berlaku, karena kita selalu dituntut untuk tampil rapi bila berkarir atau memiliki bisnis di bidang hotel dan pariwisata. Membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan diantara mahasiswa HTB.
Universitas Ciputra memberikan materi pembelajaran yang menunjang perkembangan karir saya. Dukungan penuh yang telah diberikan membuat saya menjadi mahasiswi pertama yang berhasil magang di luar negeri, dimana saya pada akhirnya merealisasikan impian untuk berkarir secara internasional
Kuliah di Universitas Ciputra membuat saya memiliki pengalaman yang banyak dan tidak pernah saya duga sebelumnya, banyaknya praktek di lapangan menyebabkan saya tidak kaget saat terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Selain dipercaya sebagai Tour Operation, saat ini juga dipercaya untuk mengunjungi 35 negara di usia 20an sebagai Tour Leader, maupun mewakili perusahaan Golden Rama.
Empat tahun berkuliah di Hotel and Tourism Business Universitas Ciputra melalui proses pengajaran dan praktek memberikan bekal saya untuk siap terjun di dunia kerja secara profesional. Dengan semangat Entrepreneurship dan Integritas yang diajarkan, menjadikan saya memiliki rasa memiliki perusahaan serta tanggung jawab yang tinggi yang saya jadikan dasar dalam bekerja.
4 years spent at Universitas Ciputra is the most important part of my career. The lecturers are always willing to help me a lot to study and comprehend more about the hospitality industries. This valuable experience has given me confidence to achieve good results in my career. Opportunity for social activities and organization are widely open for the students, that would be very useful to adapt in every stage of the social environment.
Saya menemukan passion diri dalam pekerjaan yang saya tekuni saat ini. Lewat pembelajaran yang saya tempuh selama berkuliah di HTB UC, menjadikan saya sebagai seorang pribadi yang tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah. Belajar bangkit dari setiap tantangan yang dihadapi adalah nilai utama yang saya dapatkan selama masa perkuliahan.