“Waktu adalah uang” adalah ungkapan yang sudah tidak asing lagi di telinga Kita. Membuang waktu sama dengan membuang uang. Memang benar, karena jika kita membuang-buang waktu, Kita telah membuang-buang kesempatan untuk mendapatkan uang.
Sebagai mahasiswa, tentu Kita memiliki kegiatan-kegiatan baik di dalam maupun di luar kampus dan baik akademik maupun non-akademik. Untuk melakukan kegiatan-kegiatan tersebut, alangkah baiknya jika Kita mengatur jadwal untuk setiap kegiatan. Disinilah letak mengapa manajemen waktu sangatlah penting.
Maka dari itu, pada artikel ini, saya akan membagikan beberapa tips untuk mahasiswa supaya bisa me-manajemen waktu dengan baik.
1. Membuat jadwal kegiatan
Disarankan untuk tidak membuat jadwal di dalam otak Anda terutama bagi Anda yang mudah lupa. Buatlah sebuah daftar kegiatan yang akan anda lakukan beserta waktunya di kertas, kalender, atau aplikasi pencatat jadwal di smartphone anda. Hal ini akan membuat Anda tidak mudah lupa dengan kegiatan yang sudah direncanakan. Keseharian Anda pun menjadi lebih terstruktur.
2. Mengatur jadwal kegiatan secara fleksibel
Jadwal kegiatan yang Anda susun mungkin kadang-kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Kegiatan yang anda prediksi akan selesai dalam durasi tertentu bisa saja selesai lebih lama dari prediksi Anda. Jadi, luangkan sedikit waktu untuk kegiatan-kegiatan yang tidak bisa tepat waktu saat mulai atau selesai.
3. Memprioritaskan kegiatan tertentu
Jika Anda mempunyai kegiatan-kegiatan yang memiliki jadwal yang sama, Anda harus menentukan kegiatan mana yang lebih penting untuk dilakukan. Jika memungkinkan, Anda juga bisa mengalokasikan kegiatan yang tidak diprioritaskan pada waktu tertentu ke waktu yang lain.
4. Fokus pada satu kegiatan
Salah satu hambatan yang bisa membuang waktu Anda ketika beraktivitas adalah melakukan lebih dari satu kegiatan pada satu waktu atau multitasking.
Selesaikan terlebih dahulu suatu kegiatan sebelum berlanjut ke kegiatan yang lain. Lakukan secara bertahap sehingga kegiatan-kegiatan Anda menjadi lebih efektif.
Jika memang ada sesuatu yang memaksa Anda untuk multitasking, maka solusinya adalah dengan menyicil. Artinya, selesaikan satu kegiatan secara bertahap. Misalnya, pada satu waktu Anda menyelesaikan kegiatan tertentu 25% dan pada lain waktu 50%, 75%, dan seterusnya hingga selesai.
5. Membuat sub-sub kegiatan dari setiap kegiatan
Ini bertujuan agar Kita tidak menyelesaikan masalah yang sudah diselesaikan sebelumnya dari suatu kegiatan. Buatlah sub-sub kegiatan dari satu kegiatan dan checklist yang sudah selesai dikerjakan. Intinya, hindarilah redudansi dalam mengerjakan sesuatu sehingga kegiatan yang seharusnya selesai pada waktu tertentu tidak berlarut-larut.
6. Hentikan tunda-menunda
Hal yang mungkin beberapa orang lakukan adalah menunda-nunda. Jika kegiatan Anda tidak memungkinkan untuk ditunda, maka janganlah menunda kegiatan tersebut. Jika Anda mempunyai kebiasaan tersebut, alangkah baiknya untuk menghapusnya. Jangan biarkan kegiatan Anda berlarut-larut.
7. Carilah luang waktu untuk bersantai
Arti dari “bersantai” bukanlah malas. Akan tetapi, Kita sungguh perlu meluangkan waktu untuk bersantai sejenak, refreshing, dan istirahat setelah beraktivitas. Ini berdampak baik pada kesehatan kita supaya kita tidak stress. Misalnya, berolahraga, nongkrong bersama teman, bermain game, membaca buku tetapi tetap memerhatikan waktu supaya waktu yang Kita gunakan untuk bersantai tidak menggangu kegiatan-kegiatan lain.
Itulah beberapa tips yang bisa Saya bagikan kepada Anda untuk me-manajemen waktu dengan baik. Ingatlah, janganlah buang-buang waktu untuk hal yang tidak berguna. Manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya. Waktu adalah uang.
Sumber:
Halim,Billy.2017.”7 Tips Manajemen Waktu Untuk Mahasiswa”. Sumatera Utara.