Telkomsel – Paket Kuota Belajar
Telkomsel menyediakan layanan paket Kuota Belajar untuk mendukung mahasiswa saat belajar dari jarak jauh saat masa pandemi saat ini. Hanya dengan Rp10 sudah dapat mengaktifkan paket Kuota Belajar 10GB.
Dengan mengaktifkan paket Kuota Belajar dapat menikmati akses layanan ilmupedia dan Conference, seperti Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom, dan ratusan e-learning kampus/sekolah.
Periode Program: Paket Kuota Belajar
- Kuota Belajar berlaku dari tanggal 21 Agustus s.d. 31 Desember 2020.
- Pelanggan hanya dapat mengaktifkan Kuota Belajar 1 kali selama periode program.
- Hanya berlaku untuk pelanggan yang belum pernah mengaktifkan paket ilmupedia 10GB/Rp10.
Aplikasi dalam Kuota Belajar
Kuota belajar dapat digunakan untuk mengakses apllikasi yang termasuk dalam paket ilmupedia, diantaranya:
- Google Classroom
- Zenius
- Rumah Belajar
- Quipper
- Cakap
- Bahaso
- AyoBlajar
- Kippin School 4.0
- mu
- Udemy
- Duolingo
- Birru
- Aplikasi online belajar lainnya
- Ratusan portal e-learning kampus dan sekolah yang tergabung dalam ilmupedia. Info lengkap telkomsel.com/ilmupedia.
AKTIVASI:
Cara aktivasi via MyTelkomsel
Kamu bisa mengaktifkan Kuota Belajar melalui aplikasi MyTelkomsel. Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta mengikuti Langkah-langkah berikut:
- Buka aplikasi MyTelkmosel
- Pilih menu “Belanja”.
- Pilih menu “Internet”.
- Pilih kategori “Pendidikan”.
- Pilih kuota belajar “Rp10”.
- Konfirmasi pembelian.
- Pembelian berhasil.
Cara Aktivasi via UMB
Kamu juga bisa mengaktifkan Kuota Belajar melalui UMB. Pastikan kamu memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN serta ikuti langkah berikut:
- Akses UMB *363*844#.
- Pilih “1. Beli Paket 10 GB Kuota Belajar Rp 10”.
- Pilih “1. Beli”.
- Konfirmasi pembelian.
- Pembelian berhasil.
Apa itu Kuota Belajar?
Kuota Belajar adalah paket data gabungan antara ilmupedia dan Conference yang berlaku untuk pelanggan prabayar Telkomsel (simPATI, KARTU As, dan Loop) serta dapat digunakan untuk mengakses aplikasi edukasi dan conference dengan masa aktif 30 hari.
Kapan Kuota Belajar berlaku dan apa syarat untuk mengaktifkan Kuota Belajar?
- Kuota Belajar berlaku dari tanggal 21 Agustus s.d. 31 Desember 2020.
- Pelanggan hanya dapat membeli 1 kali selama periode program
- Hanya berlaku bagi pelanggan yang belum pernah membeli paket ilmupedia 10GB/Rp10.
Bagaimana cara menggunakan Kuota Belajar 10GB?
- Kuota Belajar 10GB hanya dapat digunakan untuk aplikasi belajar di atas. Pastikan aplikasi sudah terpasang/terinstal pada smartphone untuk menggunakan kuota Belajar
- Untuk kenyamanan akses Kuota Belajar dan mengantisipasi agar pelanggan tidak terkena tarif dasar internet pelanggan diharuskan:
- Mempunyai kuota utama.
- Tidak menggunakan VPN.
- Kuota utama diperlukan karena aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar juga melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar, antara lain:
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
- Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
- Layanan pihak ketiga lainnya.
Mengapa saya tetap mengkonsumsi kuota internet regular/tarif dasar ketika mengakses aplikasi yang termasuk dalam layanan Kuota Belajar?
Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya:
- Kuota Belajar 10GB telah habis.
- Pelanggan menggunakan VPN.
- Aplikasi-aplikasi yang tergabung pada layanan Kuota Belajar melakukan akses ke aplikasi/link pihak ketiga yang tidak termasuk dalam layanan Kuota Belajar, antara lain:
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar menggunakan platform pihak ketiga, seperti: Google Services (Google Docs, Google Cloud, Google Drive, Google Analytic), dan lain sebagainya.
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai konten video yang mengarah ke YouTube, Facebook Services, dan lain sebagainya.
- Aplikasi yang tergabung pada Kuota Belajar mempunyai background data (seperti update aplikasi, dll) di perangkat pelanggan seperti smartphone, laptop, dan lain sebagainya.
- Sejumlah pengelola aplikasi belajar daring dan konferensi video memungkinan melakukan aktivitas yang melibatkan fitur dari pihak ketiga, disarankan untuk membaca kembali Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh tiap pengelola aplikasi.
- Layanan pihak ketiga lainnya.
- Jika kamu menggunakan aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar dan pengelola aplikasi tersebut melakukan aktivitas di atas, maka akan menggunakan kuota internet reguler yang dimiliki atau tarif dasar dengan biaya Rp120/20KB untuk prabayar (simPATI, KARTU As, atau Loop). Pastikan pelanggan memiliki kuota utama dan tidak menggunakan VPN jika tidak ingin terkena tarif dasar internet.
- Pelanggan mengakses menu lain selain aplikasi dan website yang tergabung dalam Kuota Belajar.
Di mana saya bisa menikmati layanan Kuota Belajar?
Pelanggan dapat menikmati layanan Kuota Belajar melalui aplikasi MyTelkomsel atau UMB *363*844#.
Bagaimana prioritas konsumsi kuota internet pada Kuota Belajar?
Saat pelanggan melakukan akses ke aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam Kuota Belajar, maka prioritas penggunaan kuota internet sebagai berikut:
- Kuota Belajar.
- Kuota ilmupedia atau Conference.
- Kuota 4G jika sedang mengakses jaringan 4G, menggunakan SIM card dan perangkat 4G.
- Kuota Semua Jaringan.
- Kuota regular lain (jika ada).
- Tarif dasar non-paket (PAYU).
Contoh:
Jika kamu mengakses aplikasi-aplikasi Kuota Belajar saat mempunyai Kuota Belajar 10GB dan Kuota Semua Jaringan 5GB, maka kuota aplikasi belajar akan dikonsumsi terlebih dahulu. Ketika kuota belajar sudah habis, maka akan mengkonsumsi Kuota Semua Jaringan. Jika Kuota Semua Jaringan habis, maka pelanggan akan terkena tarif dasar atau PAYU (Pay As Usage) dengan biaya Rp120/20KB.
Apa saya bisa membeli paket 10GB Kuota Belajar Rp10 kembali jika masa aktif dan/atau kuota paket sudah habis?
Tidak, pelanggan tidak bisa membeli paket 10GB Kuota Belajar Rp10 kembali. Namun pelanggan dapat membeli paket-paket berikut:
- Pelanggan dapat membeli paket ilmupedia.
- Pelanggan dapat membeli paket Conference.
- Pelanggan dapat membeli paket internet lainnya
Bagaimana cara memastikan aktivasi paket telah berhasil?
Pelanggan dapat menggunakan paket setelah menerima SMS notifikasi pembelian paket internet, sedangkan sisa kuota dapat dicek melalui:
- Menu “Cek Status” di *363#.
- Menu “Cek Kuota Internet” di *888#.
- Menu “Status” di aplikasi MyTelkomsel.