Pengembangan Model Karakter, Makna Hidup, dan Well-Being pada Anak dan Remaja

Nama Peneliti:

  1. Livia Yuliawati, S.Psi., M.A., Ph.D., CLC.
  2. Stefani Virlia, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Ringkasan Penelitian:

Berbagai penelitian sebelumnya telah mengungkapkan manfaat karakter serta makna hidup bagi well-being individu. Namun belum banyak penelitian yang dilakukan pada kelompok usia remaja yang berada di rentang 10-15 tahun (kanak-kanak akhir dan remaja awal) khususnya di Indonesia. Padahal, rentang usia ini adalah periode penting dalam pembentukan karakter serta eksplorasi kegiatan yang bermakna agar individu dapat mengenal siapa dirinya dan tujuan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur karakter serta makna hidup sebagai prediktor well-being pada usia 10-15 tahun. Penelitian tahun pertama akan menguji alat ukur sekaligus model karakter, makna hidup, serta well-being sebagai dasar pembuatan bahan pembelajaran karakter dan makna hidup yang sesuai dengan kelompok usia tersebut. Tahun kedua dilakukan ujicoba, evaluasi, dan penyempurnaan bahan pembelajaran karakter dan makna hidup tersebut.

Capaian Penelitian:

Selain kebutuhan kelompok guru, keberadaan makna hidup memprediksi well-being pada siswa SD. Penelitian ini juga turut menambahkan adanya karakter-karakter lain yang belum dilaporkan pada penelitian sebelumnya pada anak yang hanya bersifat memvalidasi alat ukur. Hasil penelitian ini menemukan bahwa tiga jalur makna hidup yaitu kemampuan menyikapi masalah, kemampuan melakukan hal yang berguna untuk orang lain, dan kemampuan untuk berelasi dengan orang lain memprediksi well-being pada anak. Sejalan dengan hasil penelitian tahun pertama, bahan pembelajaran disusun sejalan konsep makna hidup pada anak ditujukan untuk siswa kelas 4-6 SD.

Penelitian ini telah dipublikasikan di dua jurnal internasional dan dipresentasikan di konferensi internasional, antara lain:

  1. Artikel berjudul “Measurement Invariance of Claremont Purpose Scale Across Gender Among Indonesian Youth” di Psychological Reports 125 No. 3 Tahun 2021.
  2. Artikel berjudul “Stay in a Career? Personal Growth Initiative, Career Commitment, Calling among Millennials” di Humanities and Social Sciences Letters (Q4).
  3. Artikel preliminary study untuk mengkaji karakter, makna hidup, dan well-being dari sudut pandang guru dengan judul “Character, Meaning in Life, and Well-Being of Students from Teachers’ Perspective” di Cypriot Journal of Educational Sciences 16 No. 6 Tahun 2021.
  4. Artikel berjudul “The Relationships Between Gratitude to God, Meaning in Life, and Patience Among Indonesian Adolescents” dipresentasikan di Meaning in Life International Conference 2022.

Hasil penelitian ini juga menghasilkan sebanyak 2 (dua) sertifikasi hak cipta untuk alat peraga yang telah diterbitkan:

  1. Sertifikat Hak Cipta EC00202150384 Jenis Alat Peraga dengan judul “Kompas Empat Musim Emosi”.
  2. Sertifikat Hak Cipta EC00202150386 Jenis Alat Peraga dengan judul “Kompas Stiker Sikapku”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed