Ingin Tingkatkan Kualitas Akademik, UNISMA Lakukan Benchmarking SPMI ke UC

Ingin Tingkatkan Kualitas Akademik, UNISMA Lakukan Benchmarking SPMI ke UC

Surabaya, 5 Juli 2023.

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang (UNISMA), melaksanakan Program Pengembangan Program Studi. Sehubungan dengan hal tersebut, pada 5 Juli 2023 Universitas Islam Malang melakukan benchmark Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) ke Universitas Ciputra Surabaya.

Acara diawali oleh sambutan dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sharing seputar Quality Assurance (QA) oleh Ibu Lenny Rosita S.T., M.MT., CRP., selaku Head, QA Universitas Ciputra Surabaya. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dengan topik pembahasan terkait dengan sistem penjaminan mutu di UC yang telah terintegrasi dalam Ciputra Education Digital Experience (CEdX), struktur organisasi dan tupoksi penjaminan mutu di fakultas dan program studi, Document Management System (DMS) serta proses Audit Mutu Internal (AMI).

 

Audit Mutu Internal (AMI) sendiri merupakan proses pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Perguruan Tinggi sesuai prosedur dan hasilnya telah sesuai dengan standar untuk mencapai tujuan institusi. Audit ini dilakukan untuk menentukan tingkat kesesuaian pelaksanaan kegiatan terhadap Standar internal organisasi sendiri, Peraturan, Prosedur, Instruksi kerja, dalam rangka peningkatan mutu institusi dan mengurangi risiko ketidaktercapaian standar/penurunan kualitas.

Diharapkan melalui kunjungan benchmarking ini Universitas Ciputra Surabaya dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi di Indonesia serta meningkatkan kerjasama dengan Perguruan Tinggi lain di Indonesia.

 

Penulis: Yohana L. M. K. W.

Editor: Wicaksono Putranto/Lenny Rosita