Lolos Pemantauan dan Evaluasi, BAN-PT Perpanjang Akreditasi A UC.

Lolos Pemantauan dan Evaluasi, BAN-PT Perpanjang Akreditasi A UC.

Surabaya, 07 Maret 2023.

 

Berdasar Surat Keputusan nomor 176/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/III/2023 tertanggal 07 Maret 2023, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memperpanjang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peringkat A bagi Universitas Ciputra Surabaya (UC) melalui proses Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (PEPA). Perpanjangan ini menjadi bukti mutu dan kualitas pendidikan di UC terus dijaga. Perpanjangan peringkat Akreditasi UC berlaku sampai dengan tahun 2027.

Proses PEPA dilakukan secara machine to machine antara PDDikti dan SAPTO BAN-PT. Terdapat 10 syarat perlu yang harus dipenuhi untuk dapat lolos pada pemantauan tersebut, yaitu:

  1. Persentase peningkatan jumlah mahasiswa baru dalam 5 tahun terakhir
  2. Kecukupan jumlah dosen tetap
  3. Persentase dosen tidak tetap
  4. Rasio jumlah mahasiswa terhadap jumlah dosen tetap (NIDN dan NIDK)
  5. Persentase peningkatan jumlah lulusan dalam 5 tahun terakhir
  6. Nilai rata-rata Peringkat Akreditasi Program Studi
  7. Kualifikasi akademik dosen tetap (NIDN dan NIDK) yang mempunyai gelar Doktor/Doktor Terapan/Spesialis 2 (PDS3)
  8. Persentase dosen (NIDN dan NIDK) yang mempunyai jabatan akademik Guru Besar, Lektor Kepala dan Lektor (GB-LK-L)
  9. Persentase kelulusan tepat waktu
  10. Persentase keberhasilan studi

Jika perguruan tinggi (PT) tidak lolos pada tahap 1 PEPA, maka akan diberi kesempatan untuk merapikan data PDDikti selama 6 bulan sebelum dijalankan PEPA tahap 2. Jika pada tahap 2 PT masih belum lolos maka PEPA dinyatakan gagal dan harus mengajukan re-akreditasi.

Dengan lolosnya UC pada PEPA ini bukan berarti perjuangan telah usai. Dalam enam bulan ke depan UC masih harus mengurus suplemen konversi agar peringkat akreditasi terkonversi menjadi Unggul. Disamping itu, untuk dapat menjadi universitas berskala intersaional, secara bertahap UC akan mengajukan akreditasi internasional untuk program studi-program studi yang dimiliki. (GA/WP/LR)