Magister Manajemen UC, Prodi Pertama di JATIM yang Terakreditasi UNGGUL oleh LAMEMBA

Magister Manajemen UC, Prodi Pertama di JATIM yang Terakreditasi UNGGUL oleh LAMEMBA

Surabaya, 10 Februari 2023.

Program Studi Magister Manajemen Universitas Ciputra Surabaya (MEM UC), berhasil memperoleh akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) berlaku sejak 10 Februari 2023 sampai dengan 10 Februari 2028. Penetapan akreditasi ini berdasarkan Surat Keputusan Dewan Eksekutif LAMEMBA No. 197/DE/A.5/AR.10/II/2023 tertanggal 10 Februari 2023. Perolehan peringkat Unggul ini membuat Prodi MEM UC menjadi Prodi Magister Manajemen Pertama di JATIM, dan ke-8 di Indonesia, yang terakreditasi UNGGUL oleh LAMEMBA.

 

 

Dalam penyusunan akreditasi LAMEMBA, prodi diminta untuk submit Dokumen Evaluasi Diri (DED) dan Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS). Ada 74 indikator (tersebar ke dalam 4 kluster dan 27 dimensi) yang dinilai dalam Instrumen akreditasi LAMEMBA, 74 indikator tersebut ada dalam DED dan terbagi ke dalam 9 kriteria, yaitu:
1. Visi, misi, tujuan, dan strategi
2. Tata pamong, tata kelola, dan kerja sama
3. Mahasiswa
4. Sumber daya manusia
5. Keuangan, Sarana, dan Prasarana
6. Pendidikan
7. Penelitian
8. Pengabdian kepada masyarakat
9. Luaran dan Capaian Tridharma

 

LAMEMBA juga menetapkan syarat perlu terakreditasi dan syarat perlu peringkat Unggul yang harus dipenuhi, untuk memperoleh peringkat unggul. Adapun syarat perlu terakreditasi LAMEMBA yang tertuang dalam Lampiran 9 PerBaN-PT No. 8/2021 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi LAMEMBA adalah sebagai berikut:
1. Keterlaksanaan SPMI
2. Kecukupan dosen minimum sesuai dengan SN-Dikti: Program magister/magister terapan memiliki minimal 5 dosen tetap bergelar doktor (S3)
3. Kecukupan waktu bekerja dosen: Dosen tetap bekerja 37.5 jam/pekan, Ekuivalen Waktu Mengajar Penuh (EWMP) sebesar 1.5 x 37.5 = 56.25 jam/pekan dan bekerja penuh waktu minimal 60% dan paruh waktu minimal 40% dari total EWMP.

Sedangkan syarat perlu peringkat Unggul LAMEMBA untuk program Magister adalah sebagai berikut:
1. Dosen tetap berkualifikasi doktor dengan bidang keahlian selaras dengan kompetensi inti Program Studi.
2. 60% dosen tetap memiliki Jenjang Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Guru Besar.
3. Jumlah publikasi dosen tetap di jurnal internasional bereputasi tinggi dalam 3 tahun terakhir dengan ketentuan sbb:
a. Jika jumlah dosen tetap (Lektor Kepala dan Guru Besar) ≤ 6 orang, 1 publikasi.
b. Jika jumlah dosen tetap (Lektor Kepala dan Guru Besar) > 6 orang, > 1 publikasi.
c. ≥2% Mahasiswa Magister melakukan seminar internasional terindeks.
4. Jumlah sitasi rata-rata dosen tetap per-tahun ≥8 dari publikasi internasional dan nasional bereputasi dalam 3 tahun terakhir.

Namun, memenuhi syarat perlu terakreditasi dan syarat perlu peringkat Unggul saja tidaklah cukup, Prodi juga diwajibkan memenuhi ketentuan-ketentuan berikut untuk dapat dinyatakan UNGGUL:
1. Pencapaian atas Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi melampaui SN-Dikti.
2. Pencapaian atas Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan Perguruan Tinggi melampaui target yang ditetapkan pada Rencana Strategis.
3. >18 dimensi terpilih (> 53 Indikator terpilih) memiliki daya saing internasional dan 6-8 dimensi lainnya (11-15 indikator lainnya) serendah-rendahnya memiliki daya saing nasional.
4. 6 dimensi pada kluster output dan outcome (25 indikator) memiliki daya saing internasional.

Meskipun telah terakreditasi Unggul, namun hal tersebut bukan tujuan akhir, karena Prodi MEM UC masih perlu terus melakukan perbaikan dan peningkatan layanan mutu akademik dan akan segera mengajukan akreditasi internasional FIBAA. (GA/WP/LR)