Memperkuat Penyusunan SPMI UNEJ, Didasari Standar Dikti.

Memperkuat Penyusunan SPMI UNEJ, Didasari Standar Dikti.

Surabaya, 5 November 2022.

Guna memaksimalkan dan meningkatkan penjaminan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan di Universitas Jember Fakultas Teknologi Pertanian,  Ibu Lenny Rosita, S.T., M.MT., CRP. selaku Head, Quality Assurance Universitas Ciputra diundang menjadi narasumber untuk memberikan pembekalan SPMI dan kepada pihak UNEJ. 

 

SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal) telah ditetapkan dalam peraturan pemimpin perguruan tinggi bagi PTN atau peraturan badan hukum penyelenggara bagi PTS, setelah disetujui senat, senat akademik dengan tujuan menciptakan sistem pengendalian penyelenggaraan pendidikan tinggi oleh perguruan tinggi secara mandiri.

 

Lemahnya kualitas penjaminan mutu di Perguruan Tinggi disebabkan dengan adanya beberapa pandangan yang menyatakan bahwa SPMI merupakan pekerjaan tim penjaminan mutu saja, penjaminan mutu itu merepotkan dikarenakan banyak administrasi, serta pandangan yang menganggap SPMI hanya sebagai formalitas. Sementara itu, kurangnya awareness dan dukungan dari pimpinan, pengelola studi, dosen, tendik, dan yayasan terhadap penjaminan mutu diyakini mendukung semakin melemahnya kualitas penjaminan mutu di perguruan tinggi.

 

Dilandasi dengan pembekalan mengenai  PPEPP (penetapan standar dikti, pelaksanaan standar dikti,  evaluasi (pelaksanaan) standar dikti, pengendalian (pelaksanaan) standar dikti, dan peningkatan standar dikti) diharapkan dapat mendukung dan memperkuat penyusunan dokumen SPMI Universitas Jember Fakultas Teknologi Pertanian.

 

Aktivitias pembekalan ini, diisi dengan variasi pertanyaan yang terbagi menjadi tiga sesi. Pada sesi yang pertama para peserta diajak untuk mencari tahu faktor apa saja yang berpengaruh pada keberhasilan perguruan tinggi, kemudian disusuli dengan pertanyaan sesi kedua dimana para peserta diberikan pilihan untuk memilih siapa stakeholder yang bertanggung jawab dalam penyusunan dokumen SPMI dan sesi yang terakhir para peserta didorong untuk mengetahui manfaat dari penyusunan dokumen SPMI.

 

Di akhir kegiatan, para peserta UNEJ diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai langkah – langkah memperkuat penyusunan SPMI. Pada sesi akhir ini, para peserta UNEJ pun dengan semangat mengajukan pendapat serta berdiskusi mengenai penyusunan dokumen SPMI yang telah mereka buat.

 

Penulis: Mercy Vaneca-Mahasiswa Sistem Informasi

Editor: Yohana Waladow