Perluas Wawasan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Universitas Triatma Mulya Melakukan Benchmark ke UC

Perluas Wawasan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Universitas Triatma Mulya Melakukan Benchmark ke UC

Surabaya, 20 Juni 2023.

Dalam rangka memperluas wawasan tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Badan Penjaminan Mutu Universitas Triatma Mulya melakukan kunjungan benchmarking ke Universitas Ciputra Surabaya pada 20 Juni 2023. Acara benchmarking ini diselenggarakan secara daring (online) dengan topik benchmarking yang berfokus pada Persiapan akreditasi 9 kriteria, sistem informasi penjaminan mutu, dan keberlanjutan program penjaminan mutu.

Acara diawali oleh sambutan dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sharing seputar Quality Assurance (QA) Universitas Ciputra oleh Ibu Deborah Giovanny Lumban Gaol, S.TP., CRP., selaku Vice Head QA, dan Ibu Lenny Rosita S.T., M.MT., CRP., selaku Head QA. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait integrasi sistem penjaminan mutu untuk mengakomodir siklus PPEPP, peningkatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan pembuatan standar SPMI baik bagi program studi kedokteran maupun non kedokteran. 

Standar nasional yang diterapkan bagi pendidikan kedokteran sendiri mengacu pada Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan Kedokteran. Dalam peraturan tersebut ditetapkan standar pendidikan akademik yang terdiri atas 16 standar dan standar pendidikan profesi yang terdiri atas 17 standar.

UC berharap dapat membagikan inspirasi yang positif dalam hal penjaminan mutu bagi rekan Perguruan Tinggi melalui terlaksananya kunjungan benchmarking ini. Diharapkan juga, pada waktu mendatang dapat terjalin kerjasama yang baik untuk bersama meningkatkan mutu pendidikan.

 

Penulis: Yohana L. M. K. W.

Editor: Wicaksono Putranto/Lenny Rosita