Training Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L)

Training Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L)

Surabaya, 06 Juli 2023

 

Universitas Ciputra Surabaya (UC) terus berupaya untuk menciptakan dan meningkatakan lingkungan kerja yang sehat dan aman tidak hanya untuk karyawan, tetapi bagi seluruh civitas akademik di UC. Menurut UU Pokok Kesehatan RI No. 9 Th. 1960 Bab I Pasal II, “Kesehatan Kerja adalah suatu kondisi Kesehatan yang bertujuan agar masyarakat pekerja memperoleh derajat Kesehatan setinggi-tingginya, baik jasmani, rohani maupun social, dengan usaha pencegahan dan pengobatan terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja maupun penyakit umum.”

Pada Kamis, 06 Juli 2023, UC melaksanakan training terkait dengan Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan (K3L), mengundang Ibu Maria Dwi Susanti, S.T., M.H., sebagai pengawas ketenagakerjaan, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur, sebagai narasumber. Training ini dilaksanakan dengan tujuan memperdalam pemahaman tentang Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan yang ada pada area kerja, dengan mengundang staff, dosen, dan wakil rektor bidang operasional, Bapak Laij Victor Effendi, S.E., M.M., CMA.,  yang juga terlibat dalam Safety Committee di Universitas Ciputra Surabaya.

Training berlangsung selama 2 jam, dengan fokus pada Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), mulai dari pemahaman tentang K3, dampak dari kurangnya penerapan K3, dasar hukum, dan implementasi pelaksanaan K3.

Dengan berlangsungnya training ini, diharapkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di UC, yang tergabung dalam Safety Committee, semakin peduli akan pentingnya penerapan K3L dalam area kerja dan lingkungan Universitas Ciputra Surabaya.

 

Penulis: Wicaksono Putranto

Editor: Lenny Rosita