UC Terima Kunjungan Benchmarking Penjaminan Mutu dari UPH

UC Terima Kunjungan Benchmarking Penjaminan Mutu dari UPH

Surabaya, 8 Juni 2023.

Universitas Ciputra Surabaya kembali menerima kunjungan benchmarking penjaminan mutu pada 8 Juni 2023 secara daring (online) dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Benchmarking kali ini dilakukan untuk peningkatan sistem penjaminan mutu internal dalam hal kegiatan monitoring dan evaluasi pembelajaran.

Acara diawali oleh sambutan dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sharing seputar Quality Assurance (QA) dari UC oleh Ibu Deborah Giovanny Lumban Gaol, S.TP., CRP., selaku Vice Head QA, dan Ibu Lenny Rosita S.T., M.MT., CRP., selaku Head QA. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Universitas Ciputra Surabaya pada dasarnya telah menerapkan siklus PPEPP yang terus dikembangkan dalam sistem yang terintegrasi yaitu Internal Quality Assurance System (IQAS) dalam Ciputra Education Digital Experience (CEdX). Proses monitoring dan evaluasi pembelajaran merupakan salah satu tahapan penting dalam siklus PPEPP. 

 

 

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi mutu pembelajaran di Universitas Ciputra Surabaya dilakukan untuk pengendalian dan evaluasi proses pembelajaran yang telah berjalan agar dapat dilakukan peningkatan kualitas pembelajaran. Universitas Ciputra Surabaya telah menerapkan kurikulum yang berbasis pada Outcome-Based Education (OBE). Dalam pelaksanaanya, evaluasi OBE dilakukan melalui dua cara, yaitu evaluasi constructive alignment dan evaluasi ketercapaian capaian pembelajaran lulusan (CPL).

Melalui penerimaan kunjungan benchmarking ini, diharapkan UC dapat membagikan inspirasi positif dalam hal penjaminan mutu bagi rekan Perguruan Tinggi dan terjalin kerjasama yang baik untuk bersama – sama meningkatkan mutu pendidikan.

 

Penulis: Yohana L. M. K. W.

Editor: Wicaksono Putranto/Lenny Rosita