UC Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Kristen Maranatha

UC Terima Kunjungan Studi Banding Universitas Kristen Maranatha

Surabaya, 08 Agustus 2023. 

Universitas Ciputra Surabaya kembali menerima kunjungan studi banding pada Selasa, 08 Agustus 2023. Kunjungan studi banding kali ini dari Satuan Penjaminan Mutu dan Fakultas Bisnis Universitas Kristen Maranatha (UKM) Bandung, dengan tujuan peningkatan mutu berkelanjutan.

Acara Kunjungan Studi Banding ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Kaprodi dan Wakaprodi Manajemen Program Sarjana, Quality Assurance (QA) School of Business and Management (SBM), dan QA Program Studi Manajemen Program Sarjana, Quality Assurance Universitas dan School of Entrepreneurship & Humanities (SEH). Acara diawali oleh sambutan dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sharing terkait UC Overview dan Sistem Penjaminan Mutu Universitas Ciputra Surabaya yang diwakili oleh Ibu Lenny Rosita S.T., M.MT., CRP. selaku Head, Quality Assurance.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dibagi dalam 2 grup yaitu sesi diskusi dengan tim QA UC, dan sesi diskusi dengan tim SBM UC. Topik pembahasan dalam sesi diskusi dengan tim QA UC adalah terkait struktur penjaminan mutu UC, mekanisme persiapan akreditasi nasional dan internasional, pelaksanaan AMI, monev dan survei, serta sistem informasi yang mendukung QA UC. Pada sesi diskusi dengan tim SBM UC pembahasan dilakukan terkait pembukaan program kelas internasional, penyesuaian kurikulum dan evaluasi OBE, kerjasama internasional, dukungan sistem informasi dalam proses pembelajaran di UC, serta pelaksanaan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). MBKM sendiri merupakan sebuah inovasi yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan diluncurkan dalam sebuah kebijakan untuk mentransformasi sistem Pendidikan tinggi di Indonesia untuk menghasilkan lulusan yang lebih relevan. 

Universitas Ciputra Surabaya menyambut baik adanya kunjungan studi banding ke kampus UC. Diharapkan melalui kunjungan benchmarking ini, Universitas Ciputra Surabaya dapat memberikan inspirasi bagi peningkatan Sistem Penjaminan Mutu bagi partner – partner Perguruan Tinggi UC di Indonesia.

 

Penulis: Yohana L.M.K.W.

Editor: Deborah Geovani/Lenny Rosita