Upayakan Peningkatan Mutu Pembelajaran, Undika Melakukan Kunjungan Benchmarking ke UC

Upayakan Peningkatan Mutu Pembelajaran, Undika Melakukan Kunjungan Benchmarking ke UC

Surabaya, 15 Februari 2023.

 

Departemen Quality Assurance Universitas Ciputra Surabaya (UC), menerima kunjungan benchmarking dari Pusat Pengawasan dan Penjaminan Mutu (P3M) Universitas Dinamika. Universitas Dinamika (Undika) melakukan kunjungan studi banding sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran di tingkat Universitas. Acara ini dihadiri oleh Kepala P3M, Staf P3M, dan Gugus Penjaminan Mutu (GPM) Fakultas dari pihak Undika dan perwakilan Quality Assurance Fakultas, Head, Quality Assurance; Vice Head, Quality Assurance; dan Staf QA dari pihak UC. 

Fokus benchmarking adalah terkait Penyusunan Standar, Pelaksanaan Siklus PPEPP, dan best practice. Standar yang dimaksud dalam hal ini merupakan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti). Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dijelaskan dalam Permenristekdikti No 44 Tahun 2015, merupakan satuan standar yang meliputi Standar Nasional Pendidikan, ditambah dengan Standar Nasional Penelitian, dan Standar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat.

 

 

Acara benchmarking diawali dengan sambutan dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan pemaparan seputar Penjaminan Mutu di UC oleh Ibu Lenny Rosita, S.T., M.MT., CRP. selaku Head, Quality Assurance. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait dengan best practice pelaksanaan survey, pembuatan dokumen-dokumen SPMI, Audit Mutu Internal dan struktur organisasi QA Fakultas dan Program Studi. Pada Kunjungan benchmarking ini juga dilakukan UC facility tour.

Melalui penerimaan kunjungan benchmarking ke UC ini, diharapkan UC dapat membagikan praktik-praktik baik dan memberikan inspirasi dalam hal penjaminan mutu bagi rekan Perguruan Tinggi, serta memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. (YW/WP/LR)