Mahasiswa Baru UC Belajar Entrepreneurship di Mal

9 September 2024. Hal. 15

SURABAYA – Salah satu ciri orientation week (O-Week) di Universitas Ciputra (UC) adalah kegiatan entrepreneurship. Di akhir pekan kemarin, para mahasiswa baru itu diajak untuk praktik entrepreneurship langsung dengan tajuk Selling Day di Mal Ciputra Worlds Surabaya (CWS). Dengan kegiatan tersebut, tema yang diambil adalah produk-produk seputar FnB dari lima benua.

Head Student Affair UC Novi Rosita menjelaskan bahwa sebelum praktik entrepreneurship, para maba dikenalkan terlebih dahulu apa itu entrepreneurship. “Termasuk cara pembuatan bussiness proposalnya. Ini yang paling penting dalam entrepreneurship. Jadi mereka nggak sembarangan dalam menentukan produk, harga produk, kemasan produk, dan cara marketingnya,” jelas Novi.

Agar lebih menantang, dalam Selling Day tersebut para mahasiswa diberi modal yang tentunya harus bisa dikembalikan. “Namun, hasil profitnya menjadi hak mereka. Dan di lain sisi, dari hasil profit tersebut tiap kelompok juga diajak untuk memberi donasi yang akan dijadikan dana pengabdian masyarakat,” sambung Novi.

Sementara itu, Yuanita Ratna Indudewi, salah satu juri Selling Day yang berlansung sejak Jumat (5/9) menambahkan bahwa meski masih maba, semangat setiap kelompok dilihatnya sangat all out. “Setiap dari mereka terlihat betul bagaimana usahanya untuk bisa memenuhi semua kriteria penilaian. Karena memang penilaiannya ini cukup banyak dan detail,” jelasnya.

Mulai dari kelengkapan tool untuk penjualan yang merupakan produk inti dan bisa ditambahlkan tester. Lalu kemampuan persuasi pada konsumen yang tentu tidak mudah. Sampai detail dari kebersihann stand juga menjadi salah satu penilaian. (ama/jun)