Selling Day Universitas Ciputra, Ajang Mahasiswa Baru Belajar Berbisnis

(Jumat, 1 September 2023) Surabaya – Acara Selling Day diselenggarakan oleh pihak Universitas Ciputra di Ciputra World Mall, Surabaya lebih tepatnya di lantai Atrium Ground. Acara ini telah menjadi tradisi bagi calon mahasiswa-mahasiswi baru sebelum memulai tahun pertama mereka di perkuliahan Universitas Ciputra. Selling day diadakan dari pukul 10.00 pagi hingga 09.00 malam dengan total 135 tenant yang tersedia. Produk yang ditawarkan beragam macamnya, mulai dari makanan berat, makanan ringan, minuman, hingga jasa permainan. Tahun ini Selling Day mengusung tema “Nusantara Heritage” atau “Warisan Nusantara” yang berarti semua dekorasi maupun produk yang ditawarkan mengandung unsur Nusantara, lebih tepatnya 5 pulau terbesar di Indonesia yaitu, Sulawesi, Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Papua. Acaranya ini diselenggarakan untuk membekali calon mahasiswa-mahasiswa baru akan sistem entrepreneur di Universitas Ciputra dengan berjualan dan membuka tenan secara nyata.

Namun, tidak hanya bazaar yang tersedia di acara ini, melainkan pada jam-jam tertentu terdapat pertunjukan di panggung yang disediakan di bagian depan area Selling Day. Di panggung ini terdapat berbagai keseruan seperti pertunjukan nyanyi, tari, permainan alat musik tradisional, hingga penampilan band. Performa yang ditampilkan tentu saja bernuansa Indonesia, mulai dari kostum hingga pertunjukkan yang dibawakan. Atmosfer Selling Day tahun ini sangat mengusung keanekaragaman Indonesia—tidak hanya dari dekorasi maupun performa di panggung, namun seluruh area Selling Day dihiasi oleh ornamen-ornamen Indonesia seperti pada gerbang masuknya. Para panitia maupun calon mahasiswa-mahasiswi baru yang berjualan juga menggunakan aksesoris tradisional khas dari berbagai daerah Indonesia serta rasa semangat para calon mahasiswa-mahasiswi baru mempromosikan dagangannya.

Berdasarkan hasil wawancara dari beberapa pihak, mulai dari panitia, pengunjung, hingga calon mahasiswa-mahasiswi baru, suasana Selling Day pada pagi hari terlihat sedikit ricuh karena kebingungan para calon mahasiswa-mahasiswi baru yang masih asing dengan pengalaman promosi dan jual-beli, namun seiring berjalannya waktu keadaan semakin membaik dan para calon mahasiswa-mahasiswi baru ini terlihat lebih kondusif serta keadaan menjadi meriah karena mereka telah menemukan cara promosi yang unik namun sesuai dengan dagangannya.

Produk yang dijual tiap tenan tentunya bervariasi dan unik, loh! Ada yang berjualan makanan ringan Pisang Epe (makanan khas Sulawesi) dengan varian topping beragam juga ada yang berjualan minuman Dawet (minuman khas Jawa) dengan varian rasa coklat. Walaupun, berdasarkan testimoni beberapa pengunjung produk yang dibelinya terdapat beberapa kekurangan, seperti terlalu manis, terlalu lembek, sedikit keras dan lainnya, namun produk-produk ini tetap menimbulkan kesan bagi pembelinya karena rasa yang ditawarkan unik dan lezat sehingga dapat menutup beberapa kekurangan yang ada. 

Pengalaman yang sungguh menyenangkan bukan? Nantikan Selling Day tahun berikutnya ya!

Ditulis oleh: Jofvina Chandra (Anggota UKM Balawarta)