www.ciputra.ac.id, Surabaya-Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Global Entrepreneurship Week (GEW) 2024, Universitas Ciputra berhasil menyelenggarakan acara 2030 SDGs Game pada Senin, 18 November 2024, di Ruangan 1731. Acara yang berlangsung dari pukul 09.30 hingga 15.30 WIB ini menghadirkan Gregory Kalabekov sebagai pembicara utama dan merupakan hasil kolaborasi dengan program Exceed dari Fakultas Industri Kreatif. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) 2030 melalui simulasi interaktif.
Acara diawali dengan sesi ice breaking yang dirancang untuk memecah kebekuan antar peserta. Peserta diminta untuk menggambarkan perasaan, peran, dan passion mereka dalam perkuliahan, serta harapan yang ingin dicapai dari kegiatan 2030 SDGs Game. Selanjutnya, peserta diajak untuk mencari pasangan berdasarkan warna sepatu yang dikenakan, menciptakan suasana kebersamaan dan interaksi yang lebih erat.
Setelah sesi perkenalan, Gregory Kalabekov memaparkan tentang 17 tujuan SDGs dan dampaknya terhadap kehidupan global. Peserta diajak untuk memahami bagaimana tujuan-tujuan ini dapat memengaruhi perubahan di dunia nyata. Kemudian, acara inti berupa simulasi 2030 SDGs Game pun dimulai. Dalam simulasi ini, peserta diajak untuk membayangkan kondisi dunia di tahun 2030 dan merancang aksi-aksi nyata yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan SDGs. Mereka juga diberi tantangan untuk mengelola sumber daya, seperti mengalokasikan dana untuk proyek-proyek yang mendukung pencapaian SDGs.
Simulasi ini tidak hanya menguji kemampuan peserta dalam merencanakan strategi, tetapi juga mendorong kolaborasi dan komunikasi antar peserta. Setelah sesi permainan, peserta diajak untuk melakukan refleksi bersama. Mereka mendiskusikan beberapa pertanyaan kritis, seperti: Apa yang terjadi dalam dunia permainan? Bagaimana dunia permainan mencerminkan dunia nyata? Bagaimana interaksi antar peserta selama permainan? serta Bagaimana cara mereka menghadapi tantangan yang diberikan?.
Refleksi ini memberikan ruang bagi peserta untuk mengevaluasi pengalaman mereka selama simulasi dan menghubungkannya dengan realitas dunia nyata. Peserta juga berkesempatan untuk berbagi hasil refleksi mereka dengan fasilitator dan rekan-rekan lainnya, menciptakan diskusi yang mendalam tentang bagaimana simulasi ini dapat menjadi inspirasi untuk aksi nyata dalam mencapai SDGs.
“Melalui 2030 SDGs Game, kami berharap peserta dapat memahami kompleksitas dan urgensi dari tujuan pembangunan berkelanjutan. Acara ini tidak hanya tentang teori, tetapi juga tentang bagaimana kita dapat mengambil langkah konkret untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik,” ujar Gregory Kalabekov dalam penutupan acara.
Acara ini merupakan salah satu rangkaian dari Global Entrepreneurship Week (GEW) 2024, sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk mempromosikan semangat kewirausahaan dan inovasi dalam menghadapi tantangan global. Dengan kegiatan seperti ini, Universitas Ciputra terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pendidikan, kewirausahaan, dan aksi nyata untuk pembangunan berkelanjutan.
Tentang 2030 SDGs Game
2030 SDGs Game adalah sebuah simulasi interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Melalui permainan ini, peserta diajak untuk memikirkan langkah-langkah strategis dalam mencapai 17 tujuan SDGs pada tahun 2030.
Tentang Global Entrepreneurship Week (GEW) 2024
Global Entrepreneurship Week (GEW) adalah acara tahunan yang diadakan di seluruh dunia untuk merayakan dan mempromosikan semangat kewirausahaan. Pada tahun 2024, Universitas Ciputra turut serta dalam inisiatif global ini dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mendorong inovasi, kolaborasi, dan solusi kreatif dalam menghadapi tantangan global.