[frontpage_news widget=”2240″ name=”Latest News”]
Proses pendidikan di Universitas Ciputra (UC) yang menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) memerlukan administrasi akademik yang rapi, tertib, dan tersentral. Biro Administrasi Akademik (BAA) sebagai sarana penunjang dalam pelaksanaan administrasi akademik, bertugas mengkoordinir segala kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan, mulai dari mahasiswa pertama kali tercatat sebagai mahasiswa sampai dengan mahasiswa tersebut lulus. Ruangan BAA terletak di lantai 2 Universitas Ciputra.
Secara umum, tugas dari Biro Administrasi Akademik adalah mengkoordinasi segala kegiatan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan. Maka dari itu, Biro Administrasi Akademik memberikan layanan kepada mahasiswa antara lain sebagai berikut;
- Layanan administrasi dan pendataan mahasiswa baru.
- Layanan registrasi mahasiswa baru dan lama
- Layanan perkuliahan dan ujian
- Layanan administrasi nilai, ijasah-transkrip, dan wisuda.
- Dalam melaksanakan kegiatannya, Biro Administrasi Akademik berada dibawah koordinasi Direktur Akademik dan bekerjasama dengan fakultas/ program studi dan supporting department lainnya.
Layanan administrasi berupa pengurusan surat-surat keterangan yang biasa dibutuhkan mahasiswa dalam segala aspek, misal surat keterangan sebagai mahasiswa aktif, surat keterangan pengantar pengurusan visa, ijin tinggal, keterangan lulus, dan surat lainnya sesuai kebutuhan
Proses registrasi mahasiswa baru biasanya dilakukan dua kali, yaitu pada bulan Januari dan Juni. Pada saat inilah seorang calon mahasiswa dinyatakan “resmi” terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Ciputra. Pada saat registrasi calon mahasiswa mendapatkan NIM = Nomor Induk Mahasiswa dan daftar paket mata kuliah yang akan diterima pada semester 1.
Informasi lain dapat juga diperoleh secara offline, dengan langsung mengunjungi ruangan Biro Administrasi Akademik di ruang 203. Keramah-tamahan staff Biro Administrasi Akademik akan membantu mahasiswa mendapatkan informasi yang sesungguhnya.