Proyek entrepreneurship yang langsung dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pendamping para mentor bisnis yang sesungguhnya dengan menggunakan fasilitas network yang dimiliki oleh program studi HTB

Hotel & Tourism Business merupakan program studi yang mencetak Entrepreneur dan Profesional di bidang Pariwisata dan Perhotelan berkelas dunia yang memiliki Integritas – Profesionalisme – Entrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberikan kontribusi positif bagi Bangsa Indonesia.
Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar mengenai bisnis pariwisata, bisnis hospitaliti, manajemen resiko dan inovasi di bidang pariwisata dan hospitaliti.
Tidak hanya itu, mahasiswa akan dibekali dengan bentuk perkuliahan seperti student centered learning, problem-based learning¸ project-based learning, competence-based serta experiential-based learning.

Proyek entrepreneurship yang langsung dilaksanakan oleh mahasiswa dengan pendamping para mentor bisnis yang sesungguhnya dengan menggunakan fasilitas network yang dimiliki oleh program studi HTB

Tenaga pengajar HTB merupakan para pakar di bidang hospitalaiti dan profesional di bidang pariwisata, yang terdiri dari pemilik bisnis hotel & travel agent, pelaku usaha pariwisata, hotel auditor, peneliti dan akademisi di bidang hospitaliti dan pariwisata.

Proses belajar di HTB dilakukan dengan cara inovativ dan kreatif, yaitu melibatkan mahasiswa secara aktif belajar tentang konsep, skills dan pengetahuan hospitaliti dan pariwisata melalui praktek langsung, studi kasus, field trip ke dalam dan luar negeri.
| Total SKS | 144 SKS |
| Jenjang Pendidikan | Sarjana (S1) |
| Lama Kuliah | 4 Tahun |
| Bahasa | Bahasa Indonesia |
| Gelar | S.Par (Sarjana Pariwisata) |
Mengembangkan kegiatan tridarma di bidang pariwisata khususnya bidang/aspek ekowisata dan pariwisata digital, kulinari dan enterpreneurship, yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK untuk menghasilkan entrepreneur yang mendunia, berkarakter Integritas-Profesionalisme-Entrepreneurship (IPE) dan mampu menghasilkan karya inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat pengguna, bangsa dan kemanusiaan.
Tourism Entrepreneur
Tourism Intrapreneur
Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.
1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)
2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)
| Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi | |
| 1 | Warga Negara Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya. |
| 2 | Pembelajar Sepanjang Hayat (Long-life Learner) Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan. |
| 3 | Nilai-nilai universitas Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity) |
| 4 | Berpikir kritis (critical thinking) Mampu menciptakan konsep produk/jasa yang berdasarkan pemikiran logis dan analitis berdasarkan prinsip pariwisata dan ekonomi kreatif untuk pembangunan yang berkelanjutan di industri pariwisata (Hotel & Tourism, Culinary, Eco and Digital Tourism) |
| 5 | Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation) Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif berdasarkan keilmuan pariwisata dengan metode competence-based learning dan experiential-based learning, melalui penerapan pengetahuan fundamental serta konsentrasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan Komunikasi” terkini. |
| 6 | Penyelesaian Masalah (problem solving) Mampu menyusun alternatif solusi yang memiliki value proposition dan market acceptance dalam bidang pariwisata, berbasis market research, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. |
| 7 | Pengambilan Keputusan (decision making) Mampu mengambil keputusan secara efektif dan efisien dalam bidang pariwisata, sesuai etika dan pengalaman belajarnya. |
| 8 | Komunikasi – penghargaan (Communication-recognition) Mampu menyajikan hasil karyanya secara visual dan verbal dengan konsep Smart Tourism dalam bentuk visual/digital yang dihargai masyarakat akademik dan/atau umum. |
| 9 | Multidisciplinary Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif, untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan/ keahlian kepariwisataan dan entrepreneurship |
| 10 | Teori Menguasai konsep teoritis Kepariwisataan, Manajerial, Manajemen Keberlanjutan, Manajemen Global, Manajemen Pengelolaan |
| 11 | Metode Menguasai metode di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional |
| 12 | Konsep, Prinsip & Teknik Mampu menguasai konsep, prinsip, dan teknik di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional yang digunakan dalam pemikiran dan penyelesaian kasus di bidang keilmuan/keahlian pariwisata. |
| 13 | Pendekatan Menguasai pendekatan ekonomi dan sosial budaya yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang keilmuan/keahlian pariwisata dengan bidang pengetahuan /keilmuan entrepreneurship |
Semester 1
Semester 2
Semester 3
Semester 4
Semester 5
Semester 6
Semester 7
Semester 8







Program Studi Pariwisata-Hotel & Tourism Business (HTB) bekerjasama dengan IMI Switzerland. untuk program double degree selama 1 tahun:
Internship: Hilton Al Hamra Beach & Golf Resort, Ras Al Khaimah, United Arab Emirates
Internship St. Regis, Abu Dhabi
International Career Experience: St. Regis, Abu Dhabi
Tujuan dari peraturan seragam HTB hari Senin dan Selasa adalah:
Melatih mahasiswa HTB terbiasa tampil rapi dengan sesuai standar yang berlaku, karena kita selalu dituntut untuk tampil rapi bila berkarir atau memiliki bisnis di bidang hotel dan pariwisata. Membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan diantara mahasiswa HTB.

Studying at Universitas Ciputra has been one of the most meaningful chapters of my life. Through HTEB, I discovered not only the fundamentals of hospitality but also the importance of values like integrity, responsibility, and empathy. The learning environment encouraged me to grow through real-world practice, competitions, and internships — including the unforgettable opportunity to train at a 5-star international resort. These experiences helped shape my mindset and gave me the confidence to step into the professional world with a sense of purpose and gratitude.

As an alumni of Hotel and Tourism Business from Universitas Ciputra, I have gained the knowledge to be an Entrepreneur and a working professional at the same time. Juggling between business and professional work is not an easy task, but kudos to the wonderful team of HTEB UC, they have taught me wonderful lessons to maximize my potential! Also, opportunities don’t come twice, HTEB UC taught me to seize the opportunity and to believe in myself. I was given the chance to study abroad with the IISMA program, and I was blessed to be able to study at Nanyang Technological University, Singapore, for a semester. A leap of faith and the lecturers’ help, made it all happen. Thank you for the life lessons and unforgettable memories, HTEB UC!

di HTEB UC menyediakan banyak pelajaran practical, kalian bisa explore dan experience banyak hal. Jadi harus dimanfaatkan semaksimal mungkin to explore different areas of interest.

di HTEB itu aku belajar banget tentang betapa pentingnya melayani/service dan personal branding yang cukup berperan penting dalam dunia kerja ku saat ini. Yang paling aku ingat sampai detik ini itu waktu pelajarannya Pak Kiki, aku lupa matkul apa tapi yang jelas Pak Kiki jelasin, cara Dia membawa diri selama bekerja “tour”. Cara gimana Dia memperkenal kan diri, cara Dia melayani / memberikan service yang extra miles. Dan sekarang aku berusaha menerapkan itu didalam Aèris, gimana aku berkomunikasi dengan customer. Tidak hanya memperkenalkan produk saja tetapi juga memperkenalkan personalku, disitu aku merasa orang akan lebih nyaman dan ketika dia puas, maka dia akan kembali. Kalo program magang mah bener bener berguna banget buat aku, soalnya aku ambil divisi yang sesuai sama bidang pekerjaanku sekarang. Cara kerjanya, manajemen waktunya, networking nya, handling customer, dll, pokoknya membantu banget.

Universitas Ciputra memberikan materi pembelajaran yang menunjang perkembangan karir saya. Dukungan penuh yang telah diberikan membuat saya menjadi mahasiswi pertama yang berhasil magang di luar negeri, dimana saya pada akhirnya merealisasikan impian untuk berkarir secara internasional