What is
MEM-IC

Universitas Ciputra merupakan universitas tercepat di Jawa Timur yang mendapat Akreditasi A. Program S2 Pascasarjana Magister Manajemen (S2) dan berhasil menjadi S2 dengan jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Surabaya.

Tujuan perkuliahan entrepreneurship (kewirausahaan) Universitas Ciputra adalah membentuk lulusan yang mempunyai kompetensi entrepreneurial untuk menjawab tantangan global & atau mampu merintis, mengelola, atau mengembangkan ventura (baik bisnis ataupun sosial) jangka panjang dan berdampak positif bagi masyarakat.

KEUNGGULAN

MAGISTER MANAGEMENT
INTERNATIONAL CLASS

Standar Perkuliahan

Total SKS45 SKS
Jenjang PendidikanPostgraduate (S2 / Masters)
Lama Kuliah2 tahun
BahasaInggris
GelarM.M. (Magister Manajemen)

The Master of Management in Entrepreneurship Study program was established in 2011 in support of the National Entrepreneurship Movement (Gerakan Kewirausahaan Nasional/GKN), which was launched by the President of Indonesia on February 2nd, 2012. This movement is believed to be one of the important solutions to advance the nation’s competitiveness. For this purpose, the Master of Management Study Program designs curriculum, prepares lecturers who are experts in their fields and other resources needed in the implementation of graduate level learning programs so that graduates are able to become entrepreneurs and or intrapreneurs who have integrity and global insight. The Study Program is currently accredited B under Universitas Ciputra Surabaya with an A accreditation.

Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.

Profil Lulusan (Graduate Profiles)

  1. Manajer pada perusahaan di berbagai skala dan berbagai industri
  2. Konsultan Bisnis pada berbagai skala dan industri
  3. Entrepreneur yang mampu menciptakan usaha mandiri (venture/Value creator) atau memberi nilai tambah pada organisasi

Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)

 Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
1Jalur Karir (Career Path)
Mampu mengembangkan life-path untuk menjadi generasi yang produktif dengan dilandasi wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Integritas, Profesional dan Entrepreneurship (IPE)
2Semangat mencapai hasil (High Sense of Achivement)
kemauan untuk mencapai hasil terbaik dengan semangat dan standar yang tinggi
3Integritas moral (Moral integrity)
kualitas yang menunjukkan sikap jujur, respek, dan konsisten dengan standar moral universal, tercermin dalam perilaku yang bertanggung jawab dalam masyarakat yang dilayani.
4Pembelajar sepanjang hayat (Life-long learner)
kemauan untuk selalu mengembangkan diri sepanjang hayat yang menghasilkan peningkatan kompetensi.
5Berpikir kritis (critical thinking)

Mampu menyusun gagasan/ konsep melalui kajian konseptual dan empirik secara logis dan analitis dengan pendekatan  multi disiplin berdasarkan prinsip keilmuan manajemen, entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan.

6Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation)
Mampu menciptakan model bisnis yang inovatif berdasarkan kajian peluang yang bernilai tambah mengakomodir kepentingan stakeholders dengan memanfaatkan unsur-unsur industri 4.0.
7Penyelesaian Masalah (problem solving)
Mampu menyusun (rencana strategis/rencana implementasi ) melalui (kajian peluang, fungsi manajemen) eksplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan (keberlanjutan organisasi)
8Pengambilan Keputusan (decision making)
Mampu mengambil keputusan yang sesuai dengan tujuan organisasi dengan mempertimbangkan resiko yang terukur  dan perubahan lingkungan bisnis menggunakan pendekatan ilmu manajemen dan entrepreneurship.
9Komunikasi – penghargaan (Communication-recognition)
Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi  dengan memanfaatkan media informasi yang dapat diakses  secara luas,  dan dihargai masyarakat akademik, komunitas bisnis dan atau masyarakat umum.
10Penelitian (Research)
Mampu menyusun pemikiran berbasis riset dalam bentuk Tesis untuk bidang Manajemen/Entrepreneurship/Bidang Konsentrasi Keilmuan atau keahlian.
11Multidisciplinary
Mampu menyusun strategi belajar dan kerja yang spesifik dan komprehensif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan manajemen, bisnis dan entrepreneurship serta atau keahlian.
12Teori
Menguasai teori  yang diperlukan dalam proses pengelolaan perusahaan/ menvalidasi peluang/teori penyusunan strategi  bisnis yang berkelanjutan yang terdiri dari:

  • Teori perangkat analisis fungsi manajemen (POAC)  dan fungsi bisnis  (Marketing, Operasional, Financial dan Human Capital)
  • Teori penyusunan strategi bisnis yang keberlanjutan (minimal: RBV; BOSS; Dynamic Capabilities)
  • Effectuations theory
  • Teori TPB/TRF
13Metode

Menguasai metode yang diperlukan untuk menghasilkan strategi bisnis yang terdiri dari :

  • Metode dalam Manajemen (SWOT/ QSPM/Pengembangan SDM/SIA)
  • Metode penelitian kuantitatif/ kualitatif
  • Aplikasi metode penelitian pada jurnal terkini
  • BMC/EMC/design thinking/scamper/10 types of innovation
  • Lean Start Up/ BSC /Perencanaan Paralel
14Konsep dan Prinsip

Menguasai Konsep dan Prinsip esensial:

  • Penyusunan rencana strategis
  • Prinsip kepemimpinandan kewirausahaan dalam berbagai tipe organisasi
  • Prinsip pengelolaan perubahan (change management)
  • Prinsip manajemen
  • Innovation Management Framework/3 cirlce model
15Pendekatan
Menguasai pendekatan manejemen dan bisnis yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang keilmuan/keahlian menejemen bisnis, entrepreneurship dengan bidang pengetahuan /keilmuan yang lain

COURSE PROGRAM

SEMESTER

COURSES

Corporate Entrepreneurship

1Business Opportunity Creation3 credits
Human Resource Management & Organizational Behavior3 credits
Marketing Management3 credits
Building Entrepreneurial Organization3 credits
Sub Total12 credits
2Entrepreneurial Project 13 credits
Financial Accounting3 credits
Operation Management3 credits
Global Marketing Strategy3 credits
Sub Total12 credits
3Entrepreneurial Project 23 credits
Financial Management3 credits
Research Methods & Multivariate Analysis3 credits
Sustainability & Business Innovation3 credits
Sub Total12 credits
4Strategic Management and Leadership3 credits
Thesis6 credits
Sub Total9 credits
TOTAL45 credits

Academicians, CEOs, Business Practitioners, Business Owners who are experienced and successful in their respective fields.

This program is specifically designed for professionals to improve entrepreneurial competency in order to be able to create value in the corporation or make the corporation a motor of business development.

Professionals who work in both national and multinational corporate world, who want to generate innovation for the company or develop their careers significantly.

Fasilitas di MEM-IC

Fasilitas di MEM-IC

  • Entrepreneurship Learning Studio
  • Student Lounge
  • Entrepreneurship Library
  • Computer Lab
  • Auditorium
  • Marketing strategy business simulation
  • Theater room
  • Networking
  • Coffee Break & Meal
  • Books

Fasilitas di MEM-IC

Facilities available in MEM-IC

  • Entrepreneurship Learning Studio
  • Student Lounge
  • Entrepreneurship Library
  • Computer Lab
  • Auditorium
  • Marketing strategy business simulation
  • Theater room
  • Networking
  • Coffee Break & Meal
  • Books

TESTIMONI MAHASISWA / ALUMNI MEM-IC

Seputar MEM-IC

YUK JOIN BERSAMA

MAGISTER MANAGEMENT
INTERNATIONAL CLASS

ditujukan bagi pembelajar yang berkeinginan kuat memiliki kemampuan dasar dan kesiapan mempelajari integrasi Desain Bangunan dengan Entrepreneurship.

YUK JOIN BERSAMA

MAGISTER MANAGEMENT
INTERNATIONAL CLASS

ditujukan bagi pembelajar yang berkeinginan kuat memiliki kemampuan dasar dan kesiapan mempelajari integrasi Desain Bangunan dengan Entrepreneurship.