Peserta bertemu dengan pelaku pebisnis, seperti owner, CEO, manajer, staff, dan lainnya

Universitas Ciputra merupakan universitas tercepat di Jawa Timur yang mendapat Akreditasi A. Program S2 Pascasarjana Magister Manajemen (S2) dan berhasil menjadi S2 dengan jumlah mahasiswa terbanyak kedua di Surabaya.
Tujuan perkuliahan entrepreneurship (kewirausahaan) Universitas Ciputra adalah membentuk lulusan yang mempunyai kompetensi entrepreneurial untuk menjawab tantangan global & atau mampu merintis, mengelola, atau mengembangkan ventura (baik bisnis ataupun sosial) jangka panjang dan berdampak positif bagi masyarakat.
Peserta bertemu dengan pelaku pebisnis, seperti owner, CEO, manajer, staff, dan lainnya
Peserta mendapat proses mentoring secara langsung dengan ahlinya.
Suatu wadah bagi peserta untuk langsung dapat mempraktikkan usaha yang dimiliki kepada publik.
Diadakan tiap bulan sebagai acara membangun kemampuan solusi bisnis dan network bagi para peserta secara langsung di perusahaan dengan dihadiri oleh CEO / manager.
Mempertajam kemampuan entrepreneur peserta untuk menghadapi bisnis di masa yang akan datang lewat pemahaman terhadap kasus bisnis nyata yang sedang terjadi saat ini.
Pembelajaran dan pembekalan bisnis untuk keberlangsungan bisnis yg terus berkembang lebih baik dari masa ke masa.
Pembelajaran dan pembekalan berbisnis tidak hanya sampai pada business plan semata, tetapi langsung diterapkan sejak awal pada mata kuliah Entrepreneurial Project sehingga tercipta suati pembiasaan diri dan pengalaman untuk menjalankan business.
Mengundang para entrepreneur dari berbagai bidang (9 sektor industri) sebagai narasumber yang dapat berbagi ilmu, pengalaman, dan tentunya memberikan inspirasi bagi para peserta dalam menjalankan bisnis.
Menitikberatkan pembelajaran bukan hanya pada bagaimana memulai suatu bisnis (start-up business) tetapi lebih kepada bagaimana mengembangkan bisnis (to scale-up the business) yang sudah ada agar bertumbuh secara berkelanjutan.
Peserta belajar untuk menjalankan bisnis di lingkungan global melalui strategi simulasi bisnis.
Total SKS | 45 SKS |
Jenjang Pendidikan | Postgraduate (S2 / Masters) |
Lama Kuliah | 2 tahun |
Bahasa | Inggris |
Gelar | M.M. (Magister Manajemen) |
The Master of Management in Entrepreneurship Study program was established in 2011 in support of the National Entrepreneurship Movement (Gerakan Kewirausahaan Nasional/GKN), which was launched by the President of Indonesia on February 2nd, 2012. This movement is believed to be one of the important solutions to advance the nation’s competitiveness. For this purpose, the Master of Management Study Program designs curriculum, prepares lecturers who are experts in their fields and other resources needed in the implementation of graduate level learning programs so that graduates are able to become entrepreneurs and or intrapreneurs who have integrity and global insight. The Study Program is currently accredited B under Universitas Ciputra Surabaya with an A accreditation.
Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.
Profil Lulusan (Graduate Profiles)
Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi | |
1 | Jalur Karir (Career Path) Mampu mengembangkan life-path untuk menjadi generasi yang produktif dengan dilandasi wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Integritas, Profesional dan Entrepreneurship (IPE) |
2 | Semangat mencapai hasil (High Sense of Achivement) kemauan untuk mencapai hasil terbaik dengan semangat dan standar yang tinggi |
3 | Integritas moral (Moral integrity) kualitas yang menunjukkan sikap jujur, respek, dan konsisten dengan standar moral universal, tercermin dalam perilaku yang bertanggung jawab dalam masyarakat yang dilayani. |
4 | Pembelajar sepanjang hayat (Life-long learner) kemauan untuk selalu mengembangkan diri sepanjang hayat yang menghasilkan peningkatan kompetensi. |
5 | Berpikir kritis (critical thinking) Mampu menyusun gagasan/ konsep melalui kajian konseptual dan empirik secara logis dan analitis dengan pendekatan multi disiplin berdasarkan prinsip keilmuan manajemen, entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan. |
6 | Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation) Mampu menciptakan model bisnis yang inovatif berdasarkan kajian peluang yang bernilai tambah mengakomodir kepentingan stakeholders dengan memanfaatkan unsur-unsur industri 4.0. |
7 | Penyelesaian Masalah (problem solving) Mampu menyusun (rencana strategis/rencana implementasi ) melalui (kajian peluang, fungsi manajemen) eksplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan (keberlanjutan organisasi) |
8 | Pengambilan Keputusan (decision making) Mampu mengambil keputusan yang sesuai dengan tujuan organisasi dengan mempertimbangkan resiko yang terukur dan perubahan lingkungan bisnis menggunakan pendekatan ilmu manajemen dan entrepreneurship. |
9 | Komunikasi – penghargaan (Communication-recognition) Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi dengan memanfaatkan media informasi yang dapat diakses secara luas, dan dihargai masyarakat akademik, komunitas bisnis dan atau masyarakat umum. |
10 | Penelitian (Research) Mampu menyusun pemikiran berbasis riset dalam bentuk Tesis untuk bidang Manajemen/Entrepreneurship/Bidang Konsentrasi Keilmuan atau keahlian. |
11 | Multidisciplinary Mampu menyusun strategi belajar dan kerja yang spesifik dan komprehensif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan manajemen, bisnis dan entrepreneurship serta atau keahlian. |
12 | Teori Menguasai teori yang diperlukan dalam proses pengelolaan perusahaan/ menvalidasi peluang/teori penyusunan strategi bisnis yang berkelanjutan yang terdiri dari:
|
13 | Metode Menguasai metode yang diperlukan untuk menghasilkan strategi bisnis yang terdiri dari :
|
14 | Konsep dan Prinsip Menguasai Konsep dan Prinsip esensial:
|
15 | Pendekatan Menguasai pendekatan manejemen dan bisnis yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang keilmuan/keahlian menejemen bisnis, entrepreneurship dengan bidang pengetahuan /keilmuan yang lain |
SEMESTER | COURSES | Corporate Entrepreneurship |
1 | Business Opportunity Creation | 3 credits |
Human Resource Management & Organizational Behavior | 3 credits | |
Marketing Management | 3 credits | |
Building Entrepreneurial Organization | 3 credits | |
Sub Total | 12 credits | |
2 | Entrepreneurial Project 1 | 3 credits |
Financial Accounting | 3 credits | |
Operation Management | 3 credits | |
Global Marketing Strategy | 3 credits | |
Sub Total | 12 credits | |
3 | Entrepreneurial Project 2 | 3 credits |
Financial Management | 3 credits | |
Research Methods & Multivariate Analysis | 3 credits | |
Sustainability & Business Innovation | 3 credits | |
Sub Total | 12 credits | |
4 | Strategic Management and Leadership | 3 credits |
Thesis | 6 credits | |
Sub Total | 9 credits | |
TOTAL | 45 credits |
Academicians, CEOs, Business Practitioners, Business Owners who are experienced and successful in their respective fields.
This program is specifically designed for professionals to improve entrepreneurial competency in order to be able to create value in the corporation or make the corporation a motor of business development.
Professionals who work in both national and multinational corporate world, who want to generate innovation for the company or develop their careers significantly.
Magister Management International Class – Marketing Management Class Documentation