
Pada salah satu sesi kelas advertising yang ada di jurusan VCD UC, kami memiliki kesempatan untuk mengundang senior partner dari advertising agency Paragon inc. atau biasa disebut PINC yaitu Bapak Nugroho Nurarifin. Sesi ini diadakan via Zoom pada hari Selasa tangal 10 November 2020 dan diikuti oleh mahasiswa vcd serta beberapa tamu dari luar yang merupakan pemilik bisnis di berbagai bidang.
Secara garis besar, sesi ini membahas cara mendapatkan ide untuk membuat sebuah iklan. Menurut Bapak Nugroho, ide dapat didapatkan dengan menghubungkan variable-varible ada; menghubungkan masalah yang ada di hadapan kita dengan fenomena lain. Dalam hal ini, contoh yang diberikan adalah contoh iklan lebaran IM3 Ooredoo. Sebelum Indonesia terkena imbas pandemi, IM3 telah memiliki konsep iklan lebaran untuk tahun 2020, namun karena adanya PSBB dan regulasi lain yang tidak memungkinkan untuk syuting iklan secara langsung maka advertising agency PINC harus memikirkan ide konsep baru.
Dari hasil pengamatan pola hidup masyarakat yang berubah karena pandemi, PINC menemui adanya masalah dan variable seperti; apa yang paling banyak dicari orang di internet ketika mereka tidak dapat kemana-mana, kegiatan apa yang bisa mereka lakukan di dalam rumah, rencana-rencana apa yang menjadi tertunda, kebiasaan apa yang tidak bisa dilakukan lagi selama puasa dan lebaran akan berlangsung. Dari pengamatan ini timbul konsep iklan membuat lagu untuk memberi semangat orang-orang ketika pandemi agar tetap kuat. Iklan ini tidak menjual produk internet IM3 secara langsung namun lebih menonjolkan sisi kebersamaan dan sosial. Para musisi merekam penampilan mereka masing-masing ketika menyanyikan lagu ini dan diedit sehingga menjadi satu kesatuan. Di kala kompetitor mereka tidak berani beriklan, IM3 berani mengeluarkan konsep iklan yang berbeda sehingga dalam sebulan lagu Ooredoo didengarkan lebih dari 100 juta kali.
Untuk dapat terbiasa dalam menghubungkan variable-variable sehingga terciptanya suatu ide, Pak Nugroho berkata bahwa penting untuk melatih observation skills. Selain itu, dalam mendapatkan sebuah ide juga harus menggunakan perasaan, tidak hanya sekedar logika karena iklan yang timbul hanya dari data riset biasanya tidak memiliki dampak yang kuat karena kurang adanya sisi emosional.Be Water: The creative methodology of Radical Adaptibility
Pada salah satu sesi kelas advertising yang ada di jurusan VCD UC, kami memiliki kesempatan untuk mengundang senior partner dari advertising agency Paragon inc. atau biasa disebut PINC yaitu Bapak Nugroho Nurarifin. Sesi ini diadakan via Zoom pada hari Selasa tangal 10 November 2020 dan diikuti oleh mahasiswa vcd serta beberapa tamu dari luar yang merupakan pemilik bisnis di berbagai bidang.
Secara garis besar, sesi ini membahas cara mendapatkan ide untuk membuat sebuah iklan. Menurut Bapak Nugroho, ide dapat didapatkan dengan menghubungkan variable-varible ada; menghubungkan masalah yang ada di hadapan kita dengan fenomena lain. Dalam hal ini, contoh yang diberikan adalah contoh iklan lebaran IM3 Ooredoo. Sebelum Indonesia terkena imbas pandemi, IM3 telah memiliki konsep iklan lebaran untuk tahun 2020, namun karena adanya PSBB dan regulasi lain yang tidak memungkinkan untuk syuting iklan secara langsung maka advertising agency PINC harus memikirkan ide konsep baru.
Dari hasil pengamatan pola hidup masyarakat yang berubah karena pandemi, PINC menemui adanya masalah dan variable seperti; apa yang paling banyak dicari orang di internet ketika mereka tidak dapat kemana-mana, kegiatan apa yang bisa mereka lakukan di dalam rumah, rencana-rencana apa yang menjadi tertunda, kebiasaan apa yang tidak bisa dilakukan lagi selama puasa dan lebaran akan berlangsung. Dari pengamatan ini timbul konsep iklan membuat lagu untuk memberi semangat orang-orang ketika pandemi agar tetap kuat. Iklan ini tidak menjual produk internet IM3 secara langsung namun lebih menonjolkan sisi kebersamaan dan sosial. Para musisi merekam penampilan mereka masing-masing ketika menyanyikan lagu ini dan diedit sehingga menjadi satu kesatuan. Di kala kompetitor mereka tidak berani beriklan, IM3 berani mengeluarkan konsep iklan yang berbeda sehingga dalam sebulan lagu Ooredoo didengarkan lebih dari 100 juta kali.
Untuk dapat terbiasa dalam menghubungkan variable-variable sehingga terciptanya suatu ide, Pak Nugroho berkata bahwa penting untuk melatih observation skills. Selain itu, dalam mendapatkan sebuah ide juga harus menggunakan perasaan, tidak hanya sekedar logika karena iklan yang timbul hanya dari data riset biasanya tidak memiliki dampak yang kuat karena kurang adanya sisi emosional.