What is
VCD UC

Program Desain Komunikasi Visual di Universitas Ciputra (DKV UC) dibangun berdasarkan empat pilar utama: Desain, Teknologi, Kewirausahaan, dan Keberlanjutan. Pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk berkembang tidak hanya sebagai desainer yang terampil, tetapi juga sebagai pemikir yang adaptif dan siap menghadapi realitas industri kreatif. Di DKV UC, mahasiswa belajar merancang solusi desain yang penuh pertimbangan dan menarik secara visual, mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat mendorong batas-batas kreativitas, serta mengembangkan pola pikir bisnis yang berakar pada isu-isu nyata.

KEUNGGULAN

VISUAL
COMMUNICATION
DESIGN

Standar Perkuliahan

Total SKS144 SKS
Jenjang PendidikanSarjana (S1)
Lama Kuliah4 Tahun
BahasaBahasa Indonesia
GelarS.Ds (Sarjana Design)

Program Desain Komunikasi Visual di Universitas Ciputra (DKV UC) dibangun berdasarkan empat pilar utama: Desain, Teknologi, Kewirausahaan, dan Keberlanjutan. Pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk berkembang tidak hanya sebagai desainer yang terampil, tetapi juga sebagai pemikir yang adaptif dan siap menghadapi realitas industri kreatif. Di DKV UC, mahasiswa belajar merancang solusi desain yang penuh pertimbangan dan menarik secara visual, mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat mendorong batas-batas kreativitas, serta mengembangkan pola pikir bisnis yang berakar pada isu-isu nyata.

VISI

Memiliki visi menghasilkan lulusan berkarakter entrepreneurial dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menggunakan teknologi terkini dan mengembangkan ptensi lokal maupun global, untuk menghasilkan desain yang unik dan bisa diterima masyarakat.

MISI

  1. Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi di bidang Industri Kreatif dan Entrepreneurship dengan standar kualitas nasional dan internasional.
  2. Mengelola Fakultas Industri Kreatif secara entrepreneurial dengan memegang prinsip tata pamong yang baik.

Sikap dan Tata Nilai

  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

Keterampilan Umum

  • Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
  • Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implikasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman Universitas Ciputra.
  • Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman Universitas Ciputra.
  • Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  • Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  • Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  • Mampu melakukan proses evaluasi terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pembelajaran secara mandiri.
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus

  • Memiliki kemampuan olah visual baik secara manual maupun digital untuk merancang karya desain komunikasi visual dengan memperhatikan standar nilai estetika.
  • Memiliki kemampuan mengkomunikasikan ide/gagasan/pikiran melalui Bahasa verbal maupun visual.
  • Memiliki kemampuan bekerja sama/manajerial dan kepemimpinan.
  • Memiliki kepekaan terhadap masalah nyata, analisa, dan kemampuan berpikir kreatif untuk proses penciptaan solusi dengan keilmuan desain komunikasi visual.
  • Memiliki kepekaan kewirausahaan, kompetisi kewirausahaan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengambil tindakan entrepreneurial.
  • Memiliki kemampuan merancang konten kreatif bernilai jual.
  • Memiliki kemampuan dasar praktek teori dan teknologi dalam sebuah karya dengan prinsip design thinking.
  • Memiliki kemampuan belajar sepanjang hayat.
  • Menjunjung tinggi norma akademik dan etika.

Designpreneur:
Graphic Designer, Branding Designer, Art Director, Publication Designer, Packaging Designer, Visual Content Designer, Illustrator, Typographer, Typeface Designer, Layout Designer, Visual Identity Designer.

Technopreneur:
Multimedia Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer, Game Designer, Animator, Visualiser, Interactive Designer, Motion Graphic Designer, Augmented Reality Designer.

Socialpreneur:
Environmental Graphic Designer, Signage System Designer, Exhibition Designer, Visual Engineer, Photographer, Participatory Design Facilitator, Visual Education Designer, Designer for Social Issues.

Futurepreneur:
Design Implementer, Drafter, Speculative Design Practitioner, Visual System Designer, Transmedia Designer, Metaverse or Virtual Space Designer, Creative Researcher, Future Scenario Planner, AI Design Collaborator.

Juara 1 Video Pendek LO Kreatif Aptisi Jatim 2020
Achmad Candi Abadi Mulia, Ni Wayan Mahadewi Suci, Amanda Aprilia Santoso (VCD 2020)

Juara 1 Lomba Desain Grafis 2madison Design Competition Part 2
Daigo Tanu Saputra (VCD 2019)

Juara 1 Lomba Ilustrasi Maskot Bihun AAA
Geralda Carnelian Tantra (VCD 2018)

Juara 1 Lomba Ilustrasi Buku Erlangga Bersiap Kuliahuara
Natasya Priscilla Suhartono (VCD 2018)

Juara 1 Lomba Videografi Chemistry Fair Universitas Inodnesia
Alvin Herbert Christy (VCD 2019)

Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.

1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)

Pencipta Konten Kreatif
Perancang dalam berbagai  media desain komunikasi visual.

Pencipta Solusi Kreatif
Pelaku di bidang teknik media dan komunikasi untuk menyelesaikan berbagai  permasalahan  desain komunikasi visual.

Professional  Designer
Penyusun dokumen rancangan desain komunikasi visual dalam proyek

Design Entrepreneur
Entrepeneur di bidang produksi media komunikasi visual 

Akademisi
Tenaga pendidik dalam bidang desain komunikasi visual

 2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)

 Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi
1Warga Negara
Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya.
2Pembelajar Sepanjang Hayat
Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan.
3Nilai-nilai Universitas
Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity)
4Berpikir kritis (critical thinking)
Mampu menyusun gagasan/ konsep secara logis dan analitis berdasarkan prinsip keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan
5Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation)
Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif, yang bernilai tambah, responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , berdasarkan metode keilmuan /keahlian/entrepreneurship, baik secara mandiri maupun  kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan komunikasi” terkini. 
6Penyelesaian Masalah (problem solving)
Mampu menyusun alternatif solusi melalui ekplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. 
7Pengambilan Keputusan (decision making)
Mampu mengambil keputusan secara komprehensif  dan bertanggung jawab sesuai bidang keahlian/ keilmuan, etika, dan pengalaman belajarnya. 
8Komunikasi untuk mendapatkan penghargaan (communication-recognition)
Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi yang dapat diakses  secara luas,  dan dihargai masyarakat akademik dan atau masyarakat umum. 
9Multidisciplinary
Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif,  untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang desain komunikasi visual, entrepreneurship dan bidang lain 
10Teori
Mampu menguasai teori desain dan estetika yang diterapkan melalui media  komunikasi visual untuk penyelesaian masalah.
11Metode
Mampu menguasai metode desain komunikasi visual dan metode produksi desain yang diterapkan dalam konteks penyelesaian masalah bidang desain komunikasi.
12Konsep, Prinsip &Teknik
Mampu menguasai ·   Prinsip: desain visual, media komunikasi, dan komposisi warna.·   Konsep : grafis, digital media, lingkungan, dan entreprenerurship.·   Teknik :   komunikasi, menggambar manual & digital dalam berbagai media, pengoperasian perangkat lunak dalam desain grafis; penggunaan perangkat keras untuk mendukung desain 
13Pendekatan
Menguasai pendekatan bidang keilmuan desain komunikasi visual sebagai solusi masalah yang relevan dan konsisten dalam konteks pengembangan bisnis.

Semester 1
Design Principles and Practices
Typography Principles and Practices
Drawing Principles and Practices
Digital Design Essentials in Illustration
Digital Design Essentials in Human-Centered Design
Digital Design Essentials in Photo and Videography
Introduction to Entrepreneurship and Innovation
Computer-Based Technologies and Application
Pancasila

Semester 2
Design Principles and Practices 2
Photo and Video Essentials
Motion Graphic Design in Illustration
Motion Graphic Design in Human-Centered Design
Motion Graphic Design in Photo and Videography
Cross-Cultural and Arts
Introduction to Venture Creation and Scaling
Menjadi Indonesia
Kewarganegaraan

Semester 3
Explorative Visual Design
Printing and Production Process in Illustration
Printing and Production Process in Human-Centered Design
Printing and Production Process in Photo and Videography
Brand Innovation
Psychology and Design Appreciation
Etika Profesi
Bahasa Indonesia

Semester 4
Commercial Applied Design
Advertising and New Media in Illustration
Advertising and New Media in Human-Centered Design
Advertising and New Media in Photo and Videography
Design Research and Methodology
Future Design and Technology
MKI I
Agama

Semester 5
Strategic Managerial Design for Intrapreneur
Strategic Managerial Design for Entrepreneur
Social Design
Commercial Illustration
Graphic on Product
Applied Photograpy
Creative Copywriting
3D Modeling
Comic and Graphic Narrative
Pop Culture Commercialization
Arts and Crafts
MKI II

Semester 6
Transformational and Innovative Design for Intrapreneur
Transformational and Innovative Design for Entrepeneur
Academic Research and Writing
Visual Media Illustration
Packaging Design
Video Production
Creative Storytelling
UI/UX Design
Sequential Visual Narrative
Creative Event Design and Planning
Visual Vernacular Design
Credential Program

Semester 7
Design Industry Experience
Final Project Proposal

Semester 8
Final Project

Industry
Wacom Southeast Asia (SEA)
Honor
Lia S. Associate
Visual Cast Design
MOCHTRET
PT Laskar Dua Cakrawala
Guri Ramen Indonesia
Kopi-O Group
Fudgy Bro
Roti Sendowo
Wahana Visi Indonesia

University
Birmingham City University, UK
TAR UMT, Malaysia
Multimedia University, Malaysia

Fasilitas VCD

Fasilitas yang tersedia di VCD

  • Lab Fotografi
  • Lab Videografi
  • Lab Augmented Reality
  • 3D Printer
  • CNC Router
  • Studio Ilustrasi
  • Studio Design
  • Studio Komputer

Fasilitas VCD

Fasilitas yang tersedia di VCD

  • Lab Fotografi
  • Lab Videografi
  • Lab Augmented Reality
  • 3D Printer
  • CNC Router
  • Studio Ilustrasi
  • Studio Design
  • Studio Komputer

TESTIMONI MAHASISWA / ALUMNI VCD UC

Seputar VCD

YUK JOIN BERSAMA

VISUAL COMMUNICATION
DESIGN UC

Kami adalah jurusan yang menggabungkan kemampuan seni visual dan desain dengan dibantu dengan teknologi untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan anda secara visual dan interaktif.

YUK JOIN BERSAMA

VISUAL COMMUNICATION DESIGN UC

Kami adalah jurusan yang menggabungkan kemampuan seni visual dan desain dengan dibantu dengan teknologi untuk mengkomunikasikan ide dan gagasan anda secara visual dan interaktif.