Siswa belajar untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat, industri, para profesional, pemerintah, dan masyarakat (Pentahelix) untuk membangun dampak yang berkelanjutan.

Program Desain Komunikasi Visual di Universitas Ciputra (DKV UC) dibangun berdasarkan empat pilar utama: Desain, Teknologi, Kewirausahaan, dan Keberlanjutan. Pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk berkembang tidak hanya sebagai desainer yang terampil, tetapi juga sebagai pemikir yang adaptif dan siap menghadapi realitas industri kreatif. Di DKV UC, mahasiswa belajar merancang solusi desain yang penuh pertimbangan dan menarik secara visual, mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat mendorong batas-batas kreativitas, serta mengembangkan pola pikir bisnis yang berakar pada isu-isu nyata.
Siswa belajar untuk berkolaborasi dengan rekan sejawat, industri, para profesional, pemerintah, dan masyarakat (Pentahelix) untuk membangun dampak yang berkelanjutan.
Memberdayakan siswa untuk bereksperimen dan memberikan solusi yang bermakna bagi ekonomi kreatif masa kini.
Kami membina para pemikir orisinal untuk berimajinasi dengan berani, menantang norma, dan membentuk solusi desain yang bermakna, mempersiapkan mereka untuk beradaptasi, berinovasi, dan memimpin dalam profesi masa depan yang mungkin belum ada saat ini.
Total SKS | 144 SKS |
Jenjang Pendidikan | Sarjana (S1) |
Lama Kuliah | 4 Tahun |
Bahasa | Bahasa Indonesia |
Gelar | S.Ds (Sarjana Design) |
Program Desain Komunikasi Visual di Universitas Ciputra (DKV UC) dibangun berdasarkan empat pilar utama: Desain, Teknologi, Kewirausahaan, dan Keberlanjutan. Pendekatan ini mendorong mahasiswa untuk berkembang tidak hanya sebagai desainer yang terampil, tetapi juga sebagai pemikir yang adaptif dan siap menghadapi realitas industri kreatif. Di DKV UC, mahasiswa belajar merancang solusi desain yang penuh pertimbangan dan menarik secara visual, mengeksplorasi bagaimana teknologi dapat mendorong batas-batas kreativitas, serta mengembangkan pola pikir bisnis yang berakar pada isu-isu nyata.
Memiliki visi menghasilkan lulusan berkarakter entrepreneurial dalam bidang desain komunikasi visual, yang mampu menggunakan teknologi terkini dan mengembangkan ptensi lokal maupun global, untuk menghasilkan desain yang unik dan bisa diterima masyarakat.
Sikap dan Tata Nilai
Keterampilan Umum
Keterampilan Khusus
Designpreneur:
Graphic Designer, Branding Designer, Art Director, Publication Designer, Packaging Designer, Visual Content Designer, Illustrator, Typographer, Typeface Designer, Layout Designer, Visual Identity Designer.
Technopreneur:
Multimedia Designer, Web Designer, UI Designer, UX Designer, Game Designer, Animator, Visualiser, Interactive Designer, Motion Graphic Designer, Augmented Reality Designer.
Socialpreneur:
Environmental Graphic Designer, Signage System Designer, Exhibition Designer, Visual Engineer, Photographer, Participatory Design Facilitator, Visual Education Designer, Designer for Social Issues.
Futurepreneur:
Design Implementer, Drafter, Speculative Design Practitioner, Visual System Designer, Transmedia Designer, Metaverse or Virtual Space Designer, Creative Researcher, Future Scenario Planner, AI Design Collaborator.
Juara 1 Video Pendek LO Kreatif Aptisi Jatim 2020
Achmad Candi Abadi Mulia, Ni Wayan Mahadewi Suci, Amanda Aprilia Santoso (VCD 2020)
Juara 1 Lomba Desain Grafis 2madison Design Competition Part 2
Daigo Tanu Saputra (VCD 2019)
Juara 1 Lomba Ilustrasi Maskot Bihun AAA
Geralda Carnelian Tantra (VCD 2018)
Juara 1 Lomba Ilustrasi Buku Erlangga Bersiap Kuliahuara
Natasya Priscilla Suhartono (VCD 2018)
Juara 1 Lomba Videografi Chemistry Fair Universitas Inodnesia
Alvin Herbert Christy (VCD 2019)
Kurikulum disusun berdasarkan visi misi Universitas Ciputra Surabaya dan visi keilmuan/keahlian program studi serta kebutuhan dunia kerja yg memerlukan kecakapan: karakter, kewarganegaraan (citizenship), berpikir kritis (critical thinking), kreatif (creativity), kolaborasi (collaboration), komunikasi (communication), pemecahan masalah (problem solving). Oleh sebab itu, lulusan dibekali kemampuan yang memungkinkan dapat memenuhi perkembangan kebutuhan abad 21.
1. Profil Lulusan (Graduate Profiles)
Pencipta Konten Kreatif
Perancang dalam berbagai media desain komunikasi visual.
Pencipta Solusi Kreatif
Pelaku di bidang teknik media dan komunikasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan desain komunikasi visual.
Professional Designer
Penyusun dokumen rancangan desain komunikasi visual dalam proyek
Design Entrepreneur
Entrepeneur di bidang produksi media komunikasi visual
Akademisi
Tenaga pendidik dalam bidang desain komunikasi visual
2. Capaian Pembelajaran Lulusan (Graduate Learning Outcomes)
Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi | |
1 | Warga Negara Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya. |
2 | Pembelajar Sepanjang Hayat Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan. |
3 | Nilai-nilai Universitas Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Eqality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity) |
4 | Berpikir kritis (critical thinking) Mampu menyusun gagasan/ konsep secara logis dan analitis berdasarkan prinsip keilmuan/ keahlian/ entrepreneurship, dan nilai kemanusiaan |
5 | Kreativitas-Inovasi (creativity-innovation) Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif, yang bernilai tambah, responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , berdasarkan metode keilmuan /keahlian/entrepreneurship, baik secara mandiri maupun kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan komunikasi” terkini. |
6 | Penyelesaian Masalah (problem solving) Mampu menyusun alternatif solusi melalui ekplorasi/kajian akademik terhadap masalah bidang keilmuan/ keahlian/entrepreneurship/ kemanusiaan, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat. |
7 | Pengambilan Keputusan (decision making) Mampu mengambil keputusan secara komprehensif dan bertanggung jawab sesuai bidang keahlian/ keilmuan, etika, dan pengalaman belajarnya. |
8 | Komunikasi untuk mendapatkan penghargaan (communication-recognition) Mampu menyajikan hasil karyanya dalam media komunikasi yang dapat diakses secara luas, dan dihargai masyarakat akademik dan atau masyarakat umum. |
9 | Multidisciplinary Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif, untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang desain komunikasi visual, entrepreneurship dan bidang lain |
10 | Teori Mampu menguasai teori desain dan estetika yang diterapkan melalui media komunikasi visual untuk penyelesaian masalah. |
11 | Metode Mampu menguasai metode desain komunikasi visual dan metode produksi desain yang diterapkan dalam konteks penyelesaian masalah bidang desain komunikasi. |
12 | Konsep, Prinsip &Teknik Mampu menguasai · Prinsip: desain visual, media komunikasi, dan komposisi warna.· Konsep : grafis, digital media, lingkungan, dan entreprenerurship.· Teknik : komunikasi, menggambar manual & digital dalam berbagai media, pengoperasian perangkat lunak dalam desain grafis; penggunaan perangkat keras untuk mendukung desain |
13 | Pendekatan Menguasai pendekatan bidang keilmuan desain komunikasi visual sebagai solusi masalah yang relevan dan konsisten dalam konteks pengembangan bisnis. |
Semester 1
Design Principles and Practices
Typography Principles and Practices
Drawing Principles and Practices
Digital Design Essentials in Illustration
Digital Design Essentials in Human-Centered Design
Digital Design Essentials in Photo and Videography
Introduction to Entrepreneurship and Innovation
Computer-Based Technologies and Application
Pancasila
Semester 2
Design Principles and Practices 2
Photo and Video Essentials
Motion Graphic Design in Illustration
Motion Graphic Design in Human-Centered Design
Motion Graphic Design in Photo and Videography
Cross-Cultural and Arts
Introduction to Venture Creation and Scaling
Menjadi Indonesia
Kewarganegaraan
Semester 3
Explorative Visual Design
Printing and Production Process in Illustration
Printing and Production Process in Human-Centered Design
Printing and Production Process in Photo and Videography
Brand Innovation
Psychology and Design Appreciation
Etika Profesi
Bahasa Indonesia
Semester 4
Commercial Applied Design
Advertising and New Media in Illustration
Advertising and New Media in Human-Centered Design
Advertising and New Media in Photo and Videography
Design Research and Methodology
Future Design and Technology
MKI I
Agama
Semester 5
Strategic Managerial Design for Intrapreneur
Strategic Managerial Design for Entrepreneur
Social Design
Commercial Illustration
Graphic on Product
Applied Photograpy
Creative Copywriting
3D Modeling
Comic and Graphic Narrative
Pop Culture Commercialization
Arts and Crafts
MKI II
Semester 6
Transformational and Innovative Design for Intrapreneur
Transformational and Innovative Design for Entrepeneur
Academic Research and Writing
Visual Media Illustration
Packaging Design
Video Production
Creative Storytelling
UI/UX Design
Sequential Visual Narrative
Creative Event Design and Planning
Visual Vernacular Design
Credential Program
Semester 7
Design Industry Experience
Final Project Proposal
Semester 8
Final Project
Industry
Wacom Southeast Asia (SEA)
Honor
Lia S. Associate
Visual Cast Design
MOCHTRET
PT Laskar Dua Cakrawala
Guri Ramen Indonesia
Kopi-O Group
Fudgy Bro
Roti Sendowo
Wahana Visi Indonesia
University
Birmingham City University, UK
TAR UMT, Malaysia
Multimedia University, Malaysia
Pengalaman paling menarik adalah saat saya dan tim pergi ke Madiun untuk observasi audience & market. Di saat kita berhadapan langsung dengan user yang akan menjadi konsumen desain kita, kita di tantang untuk make a design that works, tidak hanya desain yang cantik. Lalu desain tersebut juga kita pertanggung jawabkan kepada klien. Banyak sekali, tetapi yang paling terasa adalah bagaimana kita membuat desain yang berkomunikasi. Perspektif saat kita membuat desain bukanlah preferensi pribadi klien atau bahkan diri kita, tetapi bagaimana desain kita bisa menyampaikan pesan yang dimengerti oleh audience.
Sulit untuk memilih hanya satu pengalaman karena ada begitu banyak memori-memori berharga selama 4 tahun saya berkuliah di VCD UC. Mungkin salah satu hal yang paling saya syukuri adalah pengalaman untuk terjun ke dunia entrepreneurship dimana kami semua dilatih untuk melihat masalah sebagai opportunity. Di kelas itu lah lahir projek Petualangan Menuju Sesuatu yang sungguh telah mengubah hidup saya. Sebagai mahasiswa VCD, banyak dari kami memulai perjalanannya dengan berpikir kalau desain hanya tentang astetik; padahal pada kenyataannya desain itu sendiri bisa menjadi solusi dari sebuah permasalahan. Melalui projek ini, tim kami telah bekerja sama dengan berbagai brand-brand besar dan fellow creators, salah satunya Warner Music Asia dalam rilis lagu “Scars” oleh Lukas Graham. Disini desain tidak hanya lagi tentang apa yang terlihat paling cantik but about how it reaches our hearts.
Selama berkuliah di Visual Communication Design Universitas Ciputra hingga saat ini di semester 6, banyak hal yang saya pelajari dan dapat implementasikan dalam Eksistensi Pendidikan Industri Kreatif UC kegiatan sehari-hari, materi tentang desain, foto, dan video bisa saya gunakan saat mendapat client dari project freelance, atau dalam kepanitiaan. Tidak hanya materi perkuliahan, keterampilan atau soft skill yang ditanamkan selama proses pembelajaran seperti kerja sama dalam tim, time managemen, dan prioritas juga berguna saat memasuki dunia kerja. Selain dalam dunia kerja, sebagai seorang yang ada di dunia pageant, pengetahuan tentang desain dan foto yang saya dapatkan selama berkuliah bisa saya bagikan kepada orang-orang melalui kegitan yang saya lakukan. Sehingga ilmu dan keterampilan tadi tidak hanya berhenti di saya, tapi bisa juga saya ajarkan kepada orang lain.
Karena kita juga ada mata kuliah Enterpreneurship, sebenarnya kita sudah dipersiapkan sejak dini akan dunia kerja yang nyata jadi kita sudah bisa antisipasi kemungkinan apa saja yang akan terjadi. Tapi dari segi mata kuliah di VCD, skill yang saya dapat selama kuliah dapat saya terapkan di clothing brand saya, seperti graphic design, photo manipulation, art directing dan sebagainya.
Sewaktu saya menjalani kuliah di semester 6, kurang lebih di bulan Juni hingga Agustus 2019, saya berkesempatan untuk magang di salah satu branding agency yang pusatnya berada di Singapura yaitu C+C&Co. Saya beruntung bisa merasakan magang di 2 negara yaitu Indonesia(Surabaya) dan Singapura selama kurang lebih 3 bulan lamanya. Saya banyak belajar mengenai dunia kerja terutama di bidang desain dan industri kreatif serta belajar budaya baru yang ada di Singapura khusunya! Setiap hari saya naik MRT dari perumahan tempat tinggal saya di Singapura ke kantor. Walaupun agak capek Karena setiap hari saya harus menempuh perjalanan kurang lebih 9000 langkah apalagi saya punya keterbatasan fisik tapi terbayar karena pengalaman magang ini sangat berharga. Saya banyak belajar dari lingkungan yang baru, atasan dan teman Kerja yang baru, projek-projek keren dan kultur baru yang saya alami yang membentuk diri saya menjadi desainer sekaligus sosok entrepreneur yang lebih baik. Kemampuan berbahasa inggris saya juga menjadi lebih baik karena lingkungan sekitar dan bahasa yang digunakan di C+C&Co dominan menggunakan bahasa Inggris.