Pengertian bisnis perhotelan adalah suatu jenis usaha di bidang pelayanan yang sangat terikat dengan sektor industri pariwisata sehingga tidak ada yang bisa memisahkan keduanya. Di mana ada lokasi wisata, disitulah Anda bisa melihat bagaimana bisnis perhotelan tersebar luas. Bagi Anda yang memiliki modal cukup dan tertarik dengan industri ini, maka pastikan untuk menyimak tips memulai bisnis perhotelan yang telah kami rangkum berikut ini!
Riset tentang target market
Langkah pertama sebelum memulai bisnis perhotelan ialah melakukan riset target market. Jika Anda ingin memulai bisnis perhotelan di area wisata, maka otomatis target market yang ingin Anda capai ialah para wisatawan yang berkunjung ke lokasi tersebut. Jangan lupa untuk menentukan golongan, karena lokasi wisatapun menjadi tujuan para backpacker.
Dengan begini, Anda bisa lebih mudah menentukan fasilitas apa saja yang ada di hotel. Begitu pula penentuan interior dan eksteriornya.
Pemilihan lokasi strategis
Setelah penentuan target market, hal berikutnya yang harus Anda lakukan ialah menentukan lokasi untuk mendirikan hotel. Sebuah bisnis akan memberikan hasil yang bagus jika Anda pintar dalam penentuan lokasi. Untuk itu, jangan terburu-buru saat memilih lokasi. Cobalah melakukan riset lebih dalam saat pemilihan lokasi. Ingat, harga properti sangat mahal sehingga Anda tidak boleh asal-asalan mengambil keputusan.
Dirikan bangunan hotel yang berkualitas
Jika Anda sudah berhasil memiliki tanah yang cocok, pastikan untuk mendirikan bangunan hotel yang bagus dan mengundang. Selain itu, pastikan Anda memperhatikan dengan baik bagaimana struktur bangunan yang sesuai persyaratan yaitu kokoh, stabil, kuat dan bisa digunakan sebagaimana fungsinya.
Sesuai dengan pengertian bisnis perhotelan, Anda juga harus mengurus SLF (Sertifikat Laik Fungsi) untuk memastikan bangunan hotel laik fungsi dan menjamin keselamatan staf maupun pengunjung hotel di kemudian hari.
Perencanaan desain interior dan eksterior hotel
Tips memulai bisnis perhotelan selanjutnya ialah merencanakan desain interior dan eksterior hotel. Pastikan Anda mampu merencanakannya semenarik mungkin dan instagramable sehingga mudah menarik perhatian pengunjung dari dalam dan luar negeri.
Perlu diketahui, saat ini ada banyak sekali bisnis perhotelan dengan desain estetik dan unik. Pasalnya, dua hal tersebut merupakan alasan utama mengapa wisatawan memilih menginap dan tinggal di sana. Selain itu, sediakan pula beragam fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan para tamu yang nantinya akan menginap di hotel Anda.
Jika Anda tidak ingin kalah saing, jangan ragu memilih jasa desain profesional untuk mendapatkan yang terbaik bagi usaha Anda.
Menentukan harga sesuai target pasar
Ingat, salah satu faktor sukses tidaknya bisnis perhotelan ialah karena harga yang Anda pasang. Untuk itu, pastikan Anda memasang harga yang terjangkau dan realistis sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai. Tentukanlah harga sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan sehingga para wisatawan bisa melakukan perbandingannya sendiri.
Pastikan harganya realistis, terjangkau namun tetap bisa memberikan keuntungan. Yang mengherankan ialah misalnya Anda menargetkan wisatawan umum dan backpacker namun harga hotel malah fantastis, tentu saja target yang Anda tuju mustahil bisa terwujud.
Strategi pemasaran hotel
Ada banyak strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan, mulai dari penyediaan promo, menggunakan influencer dan lain sebagainya. Selain itu, jangan ragu memberikan pelayanan berbeda hingga pemberian souvenir bagi pengunjung yang menggunakan layanan hotel Anda sehingga mereka bisa memberikan promosi cuma-cuma kepada orang lain.