Pengembangan Web “Kolabro” sebagai Media Menjalin Relational Engagement (Supplier-Principal dan Konsumen) pada UMKM Mitra Binaan CSR PT Petrokimia Gresik

Nama Pelaksana:

  1. Dr. Ch. Whidya Utami, M.M., CLC., CPM.(A), CRME.
  2. Timotius Febry Christian, S.T., M.T., CSCA.
  3. Yoseva Maria Pujirahayu Sumaji, S.E., M.M., MBA.
  4. Paskalis Dio Bramantyo, S.M., M.M
  5. Satria Hardinata, S.ST., M.Sc.

Ringkasan Kegiatan:

UMKM memberikan sumbangsih yang begitu besar terhadap perekonomian Indonesia, khususnya Produk Domestik Bruto (PDB). Menurut data BPS tahun 2019, kontribusi UMKM atas dasar harga konstan naik 22,9%, yakni dari Rp5.721,1 triliun menjadi Rp7034,1 triliun. Sementara itu, kontribusi UMKM atas dasar harga ialah sebesar Rp 9.580,8 triliun. Selanjutnya pada tahun 2020, jumlah UMKM menurun menjadi 63,8 juta akibat pandemi COVID-19. Akan tetapi, di tahun 2021, jumlah UMKM kembali naik mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573,89 triliun. Kementerian Koperasi dan UKM menyatakan bahwa jumlah UMKM yang masuk ke dalam ekosistem digital meningkat secara signifikan selama pandemi. Hal tersebut menunjukkan bahwa partisipasi dalam ekosistem digital dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan perekonomian negara. Maka dari itu, Pemerintah menargetkan lebih banyak UMKM yang masuk ke bisnis digital, setidaknya 30 juta UMKM di tahun 2024.

Untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi digital oleh pelaku UMKM, kami menghadirkan sebuah inovasi berupa start-up project yang menciptakan platform digital SaaS (Software as a Service) atau perangkat lunak berbentuk layanan di bidang kemitraan dan kolaborasi. Hal ini dikarenakan penggunaan perangkat tersebut belum banyak dimanfaatkan, padahal teknologi digital tersebut mempermudah penyebarluasan informasi dan interaksi para pelaku usaha dengan biaya yang relatif lebih murah dan efisien.

Platform yang kami ciptakan ialah platform Web Kolabro. Platform ini pada dasarnya ditujukan bagi Usaha Besar yang mencari mitra UMKM di bidang produksi, distribusi, keagenan, hingga kemitraan di bidang permodalan. Platform ini menyediakan sistem pencarian dan penilaian calon mitra dan melakukan fasilitasi proses dari awal hingga terjadinya kesepakatan kemitraan. Fungsi dari platform ini ialah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pemasaran, meningkatkan daya saing perusahaan, mempermudah pertukaran data atau informasi serta memudahkan calon pembeli untuk membeli atau menggunakan jasa

Capaian Kegiatan:

Platform Web Kolabro telah dimanfaatkan sebagai media komunikasi, transaksi dan negosiasi antara UKM binaan PT. Petrokimia Gresik antara lain UMKM kelompok Mangga digital, UMKM kelompok Mangga Global, UMKM kelompok Mangga Modern, dan UMKM Binaan CSR PT Petrokimia. Web Kolabro telah berdampak pada peningkatan efisiensi dan efektifitas pemasaran, peningkatan daya saing perusahaan, dan pertukaran data atau informasi pada mitra.

Program ini juga memberikan serangkaian manfaat, antara lain:

  1. Iklim digital dan pentingnya digitalisasi pada UMKM di Indonesia semakin dikenalkan melalui pelatihan iklim digitalisasi khususnya di bidang keuangan dan pemasaran. Financial technology (fintech) dan digital marketing dapat menjadi solusi bagi UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
  2. UMKM Binaan CSR PT. Petrokimia terutama di bidang peternakan ikan (perikanan) mendapatkan solusi ketika mengalami penurunan penjualan dari tahun ke tahun karena turunnya minat dan daya beli masyarakat terhadap lele. UMKM dapat mengembangkan produk panen menjadi produk olahan restoran yang bisa dijual sembari menunggu panen. Hasil panen yang tidak terjual dapat diolah menjadi produk turunan untuk mengurangi kerugian dan menambah value dari produk panen menjadi produk olahan, sehingga membuka pasar baru dan menarik bagi konsumen.
  3. UMKM Binaan CSR PT. Petrokimia yang terdiri dari berbagai bidang dikelompokkan sesuai dengan bidang industri dan kebutuhan UMKMnya melalui clustering data agar dapat menyesuaikan data pada platform kolabro dengan data dan visi misi dari UMKM.
  4. Adanya feedback untuk platform “kolabro” dari user terkait tampilan foto model, dan juga bahasa dalam platform melalui kegiatan user testing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed