Nama Peneliti:
- Astrid, S.T., M.M.
- Melania Rahadiyanti, S.T., M.T.
- Trianggoro Wiradinata, S.T., M.Eng.Sc.
Ringkasan Penelitian:
Penelitian ini berfokus pada Indonesia dengan beragam budaya pada berbagai daerahnya yang mempengaruhi berbagai produk budaya dan lokal, terutama di kawasan wisata. Pada ruang-ruang tradisional yang dikomodifikasikan, produk budaya dan lokal ditawarkan. Ruang-ruang tradisional tersebut pada penelitian ini difokuskan pada koridor belanja tradisional (traditional shopping corridors) dan komoditi lokal serta memiliki suasana tempat yang unik/sense of place. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi tatanan traditional shopping corridors di kawasan wisata Indonesia serta memberikan usulan preservasi serta optimalisasi untuk langkah berikutnya.
Penelitian ini terbagi menjadi dua tahap. Tahap pertama dilakukan riset secara kualitatif yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan memetakan faktor fisik dan sosial dari traditional shopping corridors di beberapa kawasan wisata di Indonesia. Tahap kedua bertujuan untuk memberikan usulan preservasi untuk optimalisasi traditional shopping corridors kawasan wisata di Indonesia.
Capaian Penelitian:
Adapun penelitian ini akan memberikan manfaat teoritis dan praktis. Manfaat teoritis yang diperoleh adalah penelitian ini memberikan peran sebagai literatur mengenai penataan traditional shopping corridors. Sedangkan secara praktis, hasil penelitian ini berguna bagi penentu kebijakan atau pemerintah dalam melakukan saran pengembangan traditional shopping corridors.
Penelitian ini menghasilkan program komputer berupa Website Sense of Place Pasar Wisata Tradisional Indonesia version 2 yang dapat diakses oleh masyarakat umum melalui https://traditionalshoppingindonesia.id/
Website ini memberikan informasi mengenai pasar tradisional indonesia dan keunikannya dalam bentuk fisik dan sosial. Bentuk fisik berupa kawasan, arsitektur, interior, display barang dagangan, dan special focal point. Bentuk sosial meliputi histori, memori, narasi, karakter pedagang dan pengunjung, serta event dan aktivitas promosi. Saat ini website serta manual petunjuk penggunaannya sudah terbit sertifikat KI Hak Cipta Program Komputer dengan Nomor Pencatatan 000289240.
Penelitian ini juga menghasilkan buku referensi dengan status terbit ber-ISBN serta telah dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal terindeks Scopus antara lain:
- Buku “The Analysis of Sense of Place of Borobudur Shopping Area”, ISBN: 978-623-7636-71-7.
- Buku “The Analysis of Sense of Place of Malioboro Shopping Corridor”, ISBN: 978-623-7636-88-5.
- Artikel berjudul “Indigenous Entrepreneurship that Creates the Sense of Place in the Traditional Shopping Area” akan dipublikasikan di Jurnal Aplikasi Manajemen 21, No. 1, Maret 2023.
- Artikel berjudul “Defining The Sense of Place in The Food and Craft Market at the World Heritage Site” di Jurnal Humaniora” 13 No. 2 Tahun 2022.
- Artikel berjudul “Defining The Sense of Place in The Food and Craft Market at the World Heritage Site” dengan status published di Jurnal Humaniora Vol. 13 No. 2 Tahun 2022 (SINTA 2).
- Artikel berjudul “Exchanged actors behind the creation of sense of place value in indigenous tourism enterprise Karangrejo Borobudur Indonesia” dipublikasikan di Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy (Scopus Q1).
Selain itu, penelitian ini juga menghasilkan beberapa karya yang telah disertifikasi KI, sebagai berikut:
- Video publikasi “The Analysis of Sense of Place of Borobudur Temple Shopping Area” (Nomor Pencatatan 000283458).
- Video publikasi “The Analysis of Sense of Place of Balai Ekonomi Desa Karangrejo” (Nomor Pencatatan 000283457).
- Video publikasi “The Analysis of Sense of Place of Malioboro Shopping Corridor”.
- Ilustrasi representasi dari Sense of Place Borobudur dan Sense of Place Malioboro (Nomor pendaftaran EC00202166522).
- Naskah Strategi Kebijakan: Pasar Kreatif Pada Kawasan Wisata Indonesia yang telah mendapat sertifikat KI Hak Cipta Karya Tulis (Nomor Pencatatan 000395513).