Apa itu manajemen bisnis?

Pernahkah Anda mendengar istilah Manajemen bisnis? Bagi mereka yang tengah merintis usaha atau bahkan bisnis, tentunya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Namun bagi Anda yang belum mengetahuinya, pastikan untuk menyimak penjelasan berikut ini :

Pengertian manajemen bisnis 

Manajemen bisnis dapat diartikan sebagai kegiatan perencanaan, pengerjaan hingga proses mengawasi. Hal tersebut dilakukan pada usaha atau bisnis tertentu. Sedangkan tujuannya itu sendiri berkaitan dengan cara tepat untuk mencapai tujuan usaha yang dilakukan.

Secara sederhana, Manajemen bisnis dapat diartikan sebagai usaha yang dilakukan untuk mencapai target. Dengan kata lain, tanpa adanya manajemen, tentunya proses usaha yang dilakukan pun tidak akan mencapai target.

Dari penjelasan tersebut, tentunya dapat Anda lihat bahwa perkembangan bisnis bermula dari manajemen. Artinya jika manajemen yang dimilikinya dilakukan dengan baik, maka perkembangan perusahaan pun berjalan dengan baik pula. Begitupun sebaliknya, untuk manajemen yang tidak baik, maka perkembangan pun tidak akan berjalan lancar.

Fungsi manajemen bisnis 

Kehadirannya yang berkaitan langsung dengan keberadaan perusahaan. Menjadikan fungsi Manajemen bisnis sangat penting bagi perusahaan. Ingin tahu fungsi apa saja yang dimilikinya? Berikut penjelasannya :

  1. Planning 

Fungsi pertama dari kegiatan manajemen ini adalah planning atau perencanaan. Hal ini berkaitan dengan jenis usaha yang ingin didirikan. Karena itulah perencanaan pun dibutuhkan.

Ada beberapa jenis perencanaan yang sebaiknya Anda mulai dari awal. Seperti halnya rencana mengenai produk yang ingin diproduksi. Kemudian rencana dari kegiatan pemasaran, promosi hingga pembukuan yang wajib untuk dilakukan.

Dengan perencanaan yang baik, tentunya kegiatan dari usaha yang dilakukan pun akan lebih teratur. Hal ini berkaitan dengan perencanaan yang digunakan sebagai patokan dasar kegiatan bisnis atau usaha.

  1. Organizing

Untuk fungsi yang kedua ini umumnya berkaitan dengan penggunaan tenaga kerja. Apabila perencanaan telah dibuat, maka pembagian kelompok pun sebaiknya segera dilakukan. Seperti halnya kelompok dari tim produksi, tim pemasaran, tim administrasi, tim gudang dan lainnya.

Dengan pembagian yang tepat, tentunya evaluasi pun dapat dilakukan dengan lebih mudah pula. Adapun jika terdapat ketidaksesuaian, maka hal tersebut dapat dipindahkan. Dengan demikian, setiap pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih baik.

  1. Staffing 

Staffing adalah fungsi yang berkaitan dengan pengaturan sumber daya perusahaan. Seperti halnya pengadaan bahan baku, mesin yang digunakan hingga sarana pendukung lainnya. Dengan pengaturan yang tepat tentunya kebutuhan atau hasil yang dituju pun akan semakin meningkat pula.

Namun berbeda jadinya jika sumber daya tidak diatur dengan tepat. Selain menjadikan hal yang tidak prioritas meningkat dengan mudah. Hal tersebut tentunya akan membuat perusahaan mengalami pembengkakan modal yang cukup merugikan.

  1. Directing 

Directing adalah fungsi lainnya yang harus ditunjukkan oleh pimpinan. Seperti halnya tindakan pemimpin dalam menyemangati para karyawannya. Sehingga hasil yang ingin dicapai pun dapat diraih dengan mudah.

Karena banyak diantaranya para pekerja yang melakukan kegiatan kerja dengan semangat pada awalnya. Sedangkan pada akhirnya mereka justru terkesan tidak semangat dan berleha-leha. Tindakan seperti itu tentunya sangat merugikan perusahaan.

  1. Controlling 

Controlling atau pengawasan adalah fungsi paling akhir yang wajib dimiliki kegiatan manajemen. Pengawasan dapat dilakukan dengan melihat sistem kerja yang dimilikinya. Apakah tersebut dilakukan dengan baik atau justru sebaliknya.

Melalui pengawasan setiap hal penting yang berkaitan dengan kegiatan perusahaan tentunya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi. Selain itu, kesulitan yang dialami juga akan dicatat dan ditempatkan pada masukan atau saran.

Kegiatan pengawasan sendiri tidak hanya dilakukan oleh pimpinan saja. Tetapi juga dapat dilakukan oleh ketua kelompok atau bahkan tim yang ditunjuk secara khusus.

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai Manajemen bisnis serta fungsi yang dimilikinya.

Artikel lain