Apa itu
CBZ UC

CBZ adalah alur studi yang berfokus pada penciptaan peluang bisnis, inovasi, kreativitas, dan kemampuan Entrepreneurial untuk menciptakan culinary entrepreneur. Lulusannya diharapkan mampu menjadi seorang venture creator (membuka usaha baru), maupun seorang value creator (menggunakan kemampuan Entrepreneurship dalam bekerja)

Mahasiswa akan mempelajari pengetahuan dasar mengenai pastry & bakery, beverage, cooking F&B service the art of culinary-pastry-bakery-beverage art, innovation, culinary trends dan bisnis serta manajemen.

Tidak hanya itu, mahasiswa akan dibekali dengan bentuk perkuliahan seperti hybrid learning, student centered learning, problem based learning¸ project based learning serta experience based learning.

KEUNGGULAN CBZ

CULINARY BUSINESS

Standar Perkuliahan

Total SKS
144 SKS
Jenjang Pendidikan
Sarjana (S1)
Lama Studi
4 tahun
Bahasa
Bahasa Indonesia
Gelar
S.Par (Sarjana Pariwisata)

menjadi Program Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) yang menciptakan Entrepreneur kelas dunia yang berkarakter IntegritasProfesionalismeEntrepreneurship (IPE) dan kebangsaan serta memberi kontribusi positif bagi bangsa Indonesia

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas dan kurikulum yang up to date dengan dunia kuliner.

  2. Membentuk lulusan yang berkarakter, mempunyai pola pikir dan semangat entrepreneur.

  3. Mengelola penelitian-penelitian yang mampu meningkatkan kompetensi akademik dan entrepreneurship

  4. Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan keahlian Entrepreneurship dalam rangka melaksanakan pengabdian kepada masyarakat

Culinary Entrepreneur (membuka usaha baru)

Culinary Intrapreneur (menggunakan kemampuan Entrepreneurship dalam bekerja)

  • Culinary Ambassador

  • Culinary Designer

  • Consultant

  • Food Stylist

Warga negara
Sebagai warga negara yang berke Tuhan an, yang menjunjung tinggi nilai Pancasila. dan kemanusiaan, cinta tanah air dan menghargai keragaman budaya
Pembelajar Sepanjang Hayat
Sebagai pembelajar sepanjang hayat yang mandiri, bertanggung jawab, toleran, taat hukum, dan memiliki kepekaan sosial dan berwawasan lingkungan.
Nilai-nilai Universitas
Mengaktualisasi nilai-nilai universitas (University value’s) dalam perilaku sesuai kode etik UC. (humanity, Equality, Dignity, Nourishing, Trust, Organizational norm, IPE, University freedom, Civilization, Sensitivity)
Berpikir Kritis
Mampu menciptakan konsep produk/jasa yang berdasarkan pemikiran logis dan analitis berdasarkan prinsip pariwisata dan ekonomi kreatif untuk pembangunan yang berkelanjutan di industri pariwisata (Hotel & Tourism, Culinary, Eco and Digital Tourism)
Kreativitas-Inovasi
Mampu menciptakan karya kreatif – inovatif berdasarkan keilmuan pariwisata dengan metode competence-based learning dan experiential-based learning, melalui penerapan pengetahuan fundamental serta konsentrasi, baik secara mandiri maupun kolaboratif, dengan memanfaatkan “Teknologi Informasi dan Komunikasi” terkini.
Penyelesaian Masalah
Mampu menyusun alternatif solusi yang memiliki value proposition dan market acceptance dalam bidang pariwisata, berbasis market research, yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat.
Pengambilan Keputusan
 Mampu mengambil keputusan secara efektif dan efisien dalam bidang pariwisata, sesuai etika dan pengalaman belajarnya.
Komunikasi – Penghargaan
Mampu menyajikan hasil karyanya secara visual dan verbal dengan konsep Smart Tourism dalam bentuk visual/digital yang dihargai masyarakat akademik dan/atau umum.
Multidisiplin
 
Mampu menyusun strategi belajar yang spesifik dan komprehensif,  untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, berdasarkan pola pikir yang terbangun dan berkembang selama belajar secara mandiri di bidang keilmuan/ keahlian kepariwisataan dan entrepreneurship
Teori
Menguasai konsep teoritis Kepariwisataan, Manajerial, Manajemen Keberlanjutan, Manajemen Global, Manajemen Pengelolaan
 Metode
Menguasai metode di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional
Konsep, Prinsip & Teknik
Mampu menguasai konsep, prinsip,  dan teknik di bidang Kepariwisataan, Manajemen Layanan, Manajemen Personalia, Manajemen Pemasaran, Bisnis, Bisnis Lintas Budaya, Operasional yang digunakan dalam pemikiran dan penyelesaian kasus di bidang keilmuan/keahlian pariwisata.
Pendekatan
Menguasai pendekatan ekonomi dan sosial budaya  yang dapat menghubungkan pengetahuan bidang  keilmuan/keahlian pariwisata  dengan bidang pengetahuan /keilmuan entrepreneurship

Semester 1

Komunikasi Bisnis – 3 sks
Proyek Kepariwisataan – 4 sks
Prinsip Bisnis Kepariwisataan – 3 sks
Prinsip Bisnis Layanan – 3 sks
Agama – 2 sks
Dasar-Dasar Kewirausahaan – 3 sks

Semester 2

Manajemen Lintas Budaya – 3 sks
Manajemen Layanan Makanan – 4 sks
Manajemen Sumber Daya Manusia – 3 sks
Manajemen Pemasaran – 3 sks
Pancasila – 2 sks
Menjadi Indonesia- 3 sks

Semester 3

Geografi Kepariwisataan Nasional – 3 sks
Bisnis Hosptaliti – 6 sks
Majamene Pariwisata Keberlanjutan – 3 sks
Manajamen Keuangan – 3 sks
Etika Dunia Kuliner – 3 sks
Kewarganegaraan – 2 sks

Semester 4

Pengalaman Hospitaliti Global  – 6 sks
Manajemen Resiko – 3 sks
Kepemimpinan – 3 sks
Geografi Kepariwisataan Internasional – 2 sks
Bahasa Indonesia – 2 sks
Entrepreneurship Global Innovation – 3 sks

Semester 5

Metodologi Penelitian – 3 sks
Manajemen Makanan dan Minuman – 5 sks
Teknik Kuliner Inovatif – 6 sks
Mata Kuliah Pilihan Prodi: Molekular Gastronomi/Seni Pengolahan Cokelat dan Gula/Penataan Makanan/Manajemen Minuman dan Wine/Ilmu Gizi – 3 sks
Mata Kuliah Interdisipliner – 3 sks

Semester 6

Proposal Penelitian – 4 sks
Kafe dan Resto – 6 sks
Analisa Sensoris Makanan dan Minuman – 4 sks
Mata Kuliah Pilihan Prodi – 3 sks
Mata Kuliah Interdisipliner / Mata Kuliah Pilihan Prodi – 3 sks

Semester 7

Internship – 18 sks

Semester 8

Tugas Akhir (Skripsi) – 8 sks
Program Kredensial (Sertifikasi) – 2 sks

Seragam Praktik

Baju dapur berwarna merah, celana panjang berwarna hitam, lengkap dengan topi, apron, sepatu dan chef knives set

Seragam Harian

Digunakan setiap Senin dan Selasa Atasan berwarna ungu dan celana panjang berwarna khaki

Seragam Formal

Digunakan untuk acara tertentu seperti Sidang Tugas Akhir

Program Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) menjalin kerjasama dengan industri untuk men-support dalam perkuliahan terkait bahan dan kerjasama lainnya

Program Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) bekerjasama dengan IMI Switzerland. untuk program double degree selama 1 tahun:

  • Kuliah dan bimbingan Tugas Akhir selama 1 semester

  • Magang atau kerja praktik selama 1 semester

Mahasiswa juga diperkaya dengan beberapa kegiatan yang dapat digunakan untuk memperkaya wawasan gbobalnya: Summer Program, Immersion Progam dan Field Trip yang dilakukan dalam skala lokal maupun ke luar negeri

Fasilitas

Untuk menunjang proses belajar-mengajar, Proggram Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang sesuai dengan kebutuhan tren industri kuliner yang ada.

Fasilitas

Untuk menunjang proses belajar-mengajar, Proggram Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) menyediakan berbagai fasilitas perkuliahan yang sesuai dengan kebutuhan tren industri kuliner yang ada.

TESTIMONI MAHASISWA / ALUMNI

BERITA CBZ

DAFTAR

CULINARY BUSINESS (CBZ)

Program Studi Pariwisata-Bisnis Kuliner (CBZ) menyajikan aktivitas D.E.O (penemuan, penggalian dan, pengamatan) untuk mendukung proses belajar mengajar

DAFTAR

CULINARY
BUSINESS UC

Tourism-Culinary Business providing discovery, exploration and observation (D.E.O) activities to support the teaching-learning process.