Strategi Pemasaran di Era Digital Untuk Meningkatkan Penjualan

Strategi pemasaran di era digital mendorong pemilik usaha untuk mampu mengembangkan ide inovatif dan kreatif. Jika dahulu pemasaran yang paling umum dikenal adalah iklan televisi atua media cetak. Berbeda dengan sekarang yang proses memasarkan produk lebih mudah dan instan.

Salah satu yang populer adalah melakukan marketing dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial memiliki jangkau yang luas saat ini daripada iklan komersil televisi. Terlebih jika target marketnya adalah anak muda yang notabenenya lebih banyak menghabiskan waktu dengan sosial media. 

Ini yang membuat para pebisnis mulai menjalankan strategi pemasaran di area digital. Namun, dibalik pemasaran digital ternyata melahirkan tantangan yang besar. Diantaranya persaingan yang sangat kompetitif. Oleh karena itu, jika ingin sukses maka harus menguasai dunia marketing digital sepenuhnya.

Perlu diketahui bahwa marketing digital tidak hanya sebatas sosial media saja. Namun, setidaknya ada lima strategi digital yang potensial mendatangkan keuntungan.

Strategi Pemasaran di Era Digital 

Mengembangkan sebuah bisnis tidak hanya berbicara tentang menghasilkan produk. Tapi juga erat kaitannya dengan teknik marketing. Jika tidak menguasai teknik marketing maka akan sulit untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat. Berikut ini teknik marketing yang setidaknya harus diketahui oleh pebisnis pemula.

1. Social Media Marketing

Pertama tentu saja sosial media marketing yang merupakan teknik paling umum ditemukan. Keberadaan sosial media saat ini memberikan kesempatan untuk pebisnis menemukan target pasar. Pasalnya pengguna sosial media jumlahnya sangat besar dan aktif setiap hari.

Strategi untuk membuat pemasaran dengan sosial media berhasil adalah dengan membuat konten invatif. Bentuk konten di media sosial cenderung bersifat visual, oleh karena itu pastikan membuat desain yang ekslusif dan premium.

Output yang diharapkan dari pemasaran sosial media tidak hanya meningkatkan penjualan. Namun yang pertama adalah merebut awareness masyarakat terhadap suatu permasalah. Kemudian baru memberi solusi dengan menawarkan produk yang dijual.

2. Ads Berbayar

Selanjutnya menggunakan ads berbayar yang tersedia di berbagai platform digital. Dibandingkan dengan sosial media, ads berbayar memang membutuhkan modal marketing di awal. Namun, strategi marketing satu ini sangat penting untuk menunjukan eksistensi bisnis.

Ads berbayar dapat dikatakan sebagai layanan iklan komersil. Namun penayangan iklannya bukan di televisis, melainkan di platform online yang sering diakses saat ini. Misalnya seperti bergabung dangan ads Youtube, Spotify, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Platform diatas menyediakan halaman khusus untuk memuat iklan. Cara untuk menggunakan ads berbayar bisa dengan mengajukan langsung melalui halaman platform tersebut.

3. Digital Marketing

Istilah Digital Marketing mungkin sudah tidak asing lagi. Mengembangkan bisnis dengan konsep digital marketing mulai banyak dilakukan. Misalnya melalui content marketing di website atau e-mail marketing.

Namun, untuk menerapkan sistem marketing ini membutuhkan sumber daya manusia yang mumpuni. Terutama yang memiliki skill copywriting dan orang yang menguasai tools platform secara teknikal dengan baik. 

4. Iklan Menggunakan Influencer

Melakukan strategi pemasaran dengan memanfaatkan influencer terkenal. Influencer adalah orang yang memiliki banyak followers akitf di media sosial. Dengan menggunakan jasa influencer maka penjualan bisnis dapat tersampaikan ke banyak followersnya.

5. Affiliate Marketing 

Menggunakan teknik affliete marketing juga dapat menjadi alternatif memasarkan bisnis di era digital saat ini. Affiliate marketing membuat jangkauan konsumen lebih luas. Selain itu, adanya affiliate marketing juga memberi keuntungan untuk banyak orang.

Nah, itulah strategi pemasaran di era digital yang patutnya dikuasai oleh pebisnis saat ini. Terlebih teknologi digital akan terus berkembang sehingga membutuhkan inovasi marketing yang handal.

Artikel lain
WhatsApp