Studi Ekskursi Nasional Information and Multimedia Technology

STUDI EKSKURSI NASIONAL

INFORMATION AND MULTIMEDIA TECHNOLOGY

Industri adalah salah satu peluang aktualisasi diri mahasiswa TI di masa depan, sehingga setiap mahasiswa wajib mengetahui kondisi dan tantangan yang dihadapinya. Untuk membuka wawasan mahasiswa tersebut, IMT kembali mengadakan Studi Ekskursi Nasional untuk angkatan 2011 (semester 5). SE kali ini dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober – 2 November 2013 ke Jakarta, diikuti oleh 38 mahasiswa dan didampingi oleh 2 orang dosen pendamping.

Hari Pertama

Keberangkatan dari Surabaya menggunakan pesawat, tiba di bandara pukul 06.15. Dikarenakan ada yang memesan tiket dengan penerbangan lain, rombongan berikutnya tiba jam 7.15. Sembari menunggu rombongan yg lain anak-anak menyempatkan untuk sarapan di bandara. Setelah seluruh mahasiswa lengkap jam 8 pagi kami langsung perjalanan menuju Ad Ins, dari keluar bandara kami disambut oleh macet nya lalulintas di kota Jakarta. Pukul 10.30 akhirnya rombongan tiba di Ad Ins yang terletak di daerah Kebon Jeruk. Kami langsung disambut oleh bapak Daniel, selaku dari pihak Ad Ins. Selama kurang lebih 2 jam kami dipaparkan sejumlah penjelasan dan pengetahuan yang disampaikan oleh pak Daniel, dari awal berdiri perusahaan hingga ke sistim yang digunakan oleh perusahaan tersebut. Diakhir penghujung acara bapak Guntur Gozali selaku pemilik menyempatkan untuk memberi sambutan dan sedikit sharing tentang perusahaannya.

Setelah dari Ad Ins kami langsung beranjak menuju ke Altermyth dan IndoCyber, untuk yang kunjungan kedua ini dipecah jadi 2 rombongan, separuh menuju ke Altermyth separuh lagi menuju IndoCyber. Hal ini dikarenakan pihak 2 perusahaan hanya mempersilakan maksimal 20 orang dalam kunjungan.

Pada sore hari kita baru check in hotel dan ber istirahat untuk hari berikutnya.

d1_1_adins_1 d1_1_adins_2 d1_1_adins_3 d1_2_indocyber_1 d1_2_indocyber_2

Hari Kedua

Persiapan dan keberangkatan dilakukan sama seperti hari sebelumnya. Tapi karena perjalanan yang cukup jauh yaitu berada di daerah Cimanggis kami sudah mulai berangkat dari hotel jam 8 pagi. Jam 10 tepat kami sampai ke Biznet Techovillage. Selama diperjalanan kami sempat mau menyasar karena jalan masuk dari jalan utama itu sangat jauh, tetapi sesampainya di tempat kami terbayarkan oleh indahnya pemandangan dan sejuk nya tempat disana. Sebelun turun dari bis, semua anak diminta Kartu tanda pelajarnya untuk dikumpulkan karena untuk masuk kedalam Biznet Techovilllage dibutuh kan ID Card. Setelah seluruh persyaratan sudah dilengkapi kami diberikan ID card untuk masuk ke dalam Biznet. Kami diberi penjelasan oleh bu Rere selama kurang lebih setengah jam. Setelah penjelasan selesai bu Rere membagi kami dalam 2 kelompok karena kami akan diajak untuk berkeliling seputar Technovillage. Disana kami diperlihatkan mulai tempat loading dock untuk memasukkan barang sudah dengan menggunakan teknologi canggih, kemudian kami dibawa ke data center. Data center ini di klaim bahwa terbesar di Indonesia. Sayang nya pada waktu kami sedang berkeliling kami dilarang untuk mengambil foto. Di siang harinya kami di jamu makan siang bersama dengan seluruh karyawan dan staff, sekaligus kami berpamitan dengan menyerahkan plakat.

Setelah dari Biznet kami melanjutkan perjalanan menuju Indosiar di daerah Daan mogot. Tepat jam 3 kami sampai pada tujuan. Kami di sambut oleh bapak Juanda selaku PR dari pihak Indosiar. Sebelum kami diajak untuk berkeliling Indosiar kami diberikan sedikit penjelasan yang disampaikan oleh Bapak Cipto, mulai dari awal berdiri hingga teknis yang ada di dalam Indosiar. Setelah sesi tanya jawab selesai kami diarahkan menuju ke beberapa studio tv, dari studio 1 yang menayangkan acara famili 100, studio 3 yang menayangkan program mama dedeh. Tetapi untuk studio 1 dan 3 sayang nya sedang tidak melakukan produksi. Akhirnya kami di arahkan ke studio 5 indosiar yang sedang ada persiapan untuk program AFI 2013, karena jam 7 malam akan ada live show. Kami ditawari untuk melihat tetapi karena dari anak-anak mahasiswa tidak berminat akhirnya jam 7 kami menyudahi kunjungan ke Indosiar dan kembali ke hotel.

d2_1_biznet_1 d2_1_biznet_2 d2_2_indosiar_1 d2_2_indosiar_2 d2_2_inodsiar_3

Hari Ketiga

Pada hari ketiga rencana awal kami adalah mengunjungi binus TV dan Bank Indonesia, tetapi karena kondisi Bank Indonesia yang ternyata ada kesalah pahaman komunikasi akhirnya kami memtutuskan untuk tidak berkunjung juga binus TV. Akhirnya anak-anak mahasiswa memutuskan hari terakhir digunakan untuk free time. Kami memutuskan untuk ke mangga dua karena tempat yang sejalan dengan arah bandara. Kami check out dari hotel jam 9 pagi. Jam 10 pagi kami sampai di mangga dua. Anak-anak berpencar masing-masing untuk berbelanja disana. Pukul 4 sore kami sudah berkumpul kembali didalam bis untuk beranjak ke bandara. Perkiraan kami akan mengalami kemacetan karena di malam minggu biasanya sangat macet tetapi ternyata tidak. Walhasil jam setengah 6 kami sampai dibandara. Jam 9.40 kami semua balik ke Surabaya.

Penutup

Selama di Jakarta hingga pulang ke Surabaya tidak ada kendala yang berarti hanya manajemen waktu masing-masing mahasiswanya yang harus lebih disiplin. Serta kesadaran mahasiswa dalam membawa atribut-atribut yang diwajibkan agar tidak menyusahkan orang lain dan merugikan diri sendiri.